MTQ Nasional Ke 29 2022 Di Kalsel Siap Digelar Oktober Mendatang

0
332

Banjarbaru – Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Nasional ke 29 tahun 2022 di Kalsel tak hanya menjadi perhelatan akbar bagi qori/qoriah mendapat gelar juara. Namun diharapkan, perekonomian juga turut tumbuh dan bangkit seiring melandainya COVID-19.

Menanggapi itu, Staf Ahli Gubernur bidang Kemasyarakatan dan SDM Setdaprov Kalsel Husnul Hatimah menyampaikan pelaksanaan MTQ yang digelar pada 10 – 19 Oktober 2022 mendatang yang secara nasional diakui turut berpengaruh besar terhadap sektor perekonomian.

“Alhamdulillah tahun ini, Kalsel ditunjuk sebagai tuan rumah MTQ nasional. Yang jelas, potensi pemulihan ekonomi secara positif juga turut berdampak salah satunya nanti ada jajanan khas masing-masing daerah tentu ditonjolkan belum lagi keberadaan wisatanya,” ujarnya dalam diskusi bersama Kanwil Kemenag dan pemerintah kabupaten/kota pada kesiapan pelaksanaan rapat koordinasi (rakoor) keagamaan membahas peran penting mensukseskan MTQ tingkat nasional ke 29 tahun 2022, Rabu (15/6) siang.

Suasana rakoor keagamaan tahun 2022 bersama Kanwil Kemenag se kabupaten/kota di Kalsel

Sebagai bukti keseriusan pemerintah dalam kesiapan penyelenggaraan MTQ tingkat nasional ke 29 tahun 2022 yang digelar Oktober mendatang tentu beberapa hal telah diperhitungkan pihaknya sebagai panitia pelaksana termasuk pemilihan lokasi wilayah utama kegiatan.

“Kita nanti akan fokuskan pelaksanaanya di tiga wilayah yakni Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru dan Banjarmasin dan diketahui banyak potensi ekonomi yang mampu diangkat,” ungkapnya.

Untuk sarana membangkitkan perekonomian, Kabupaten Banjar difokuskan di lokasi Cahaya Bumi Selamat (CBS) dan Alun-Alun Ratu Zalecha. Sedangkan, Kota Banjarbaru berada di kawasan Murjani sekitarnya dan Nol Kilometer Provinsi Kalsel untuk Kota Banjarmasin.

“Perlu dukungan penuh dari kabupaten/kota. Bahkan, kita ketahui Kalsel ini terkenal wisatanya apalagi bidang kuliner dengan berbagai macam sajiannya,” tutur Staf Ahli Gubernur bidang Kemasyarakatan dan SDM Setdaprov Kalsel Husnul Hatimah.

Sementara itu, Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdaprov Kalsel Ahmad Solhan mengemukakan ada sekitar dua belas venue yang disiapkan untuk pelaksanaan MTQ nasional bagi kafillah dalam menunjukkan keahliannya melantunkan ayat suci Al Quran.

“Terdiri dari Enam di Kabupaten Banjar, empat di Kota Banjarbaru dan dua venue berada di Kota Banjarmasin,” ungkapnya.

Sebagai media penguatan promosi penyelenggaraan, Solhan membeberkan ada beberapa sarana prasarana atau fasilitas yang bisa diberdayakan secara optimal salah satunya videotron, spanduk dan baleho.

“Selain juga kita juga bekerjasama dengan sejumlah media elektronik dan televisi,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Pemerintah Provinsi juga telah menyiapkan akomodasi dan penginapan bagi kafilah dan tamu undangan yang berhadir pada MTQ nasional ke 29 di Kalsel. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here