Harjad Kalsel 72 Diramaikan Olahraga Tradisional Piala Paman Birin

0
200

Puncak Hari jadi (Harjad) Provinsi Kalimantan Selatan ke-72, bakal dimeriahkan Permainan dan olahraga tradisional Banjar memperebutkan piala Paman Birin.

Hal itu, disampaikan Kepala Dinas Pemuda Dan Olahraga (Dispora) Kalsel, Hermasyah usai rapat kesiapan, di gedung Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Kamis (23/6/2022).

Hermasyah mengatakan, kegiatan itu sebagai mana keinginan Gubernur Kalsel, agar permainan tradisional bisa dicintai dan dimainkan masyarakat Banua.

“Ini adalah keinginan Gubernur kita Paman Birin, agar permainan tradisional bisa kita mainkan lagi dan dicintai masyarakat, ditengah pesatnya kemajuan zaman,” katanya.

Sementara, untuk lokasi Permainan dan olahraga tradisional Banjar secara massal ini, rencananya akan dilaksanakan mulai dari taman siring 0 Km hingga sepanjang jalan Lambung Mangkurat.

“Kita juga sudah rapat dengan mengundang pihak terkait, seperti bank, perhotelan dan instansi lainnya, untuk kelancaran acara tersebut nanti, disepanjang lokasi itu, alhamdulilah mereka semua mendukung,” jelasnya.

Untuk sementara, ada sebanyak 17 cabang permainan dan olahraga tradisional yang akan memeriahkan Puncak Hari jadi (Harjad) Provinsi Kalimantan Selatan ke-72 tanggal 14 Agustus mendatang.

Adapun, permainan dan olahraga tradisional Banjar yang akan dimainkan memperebutkan piala Paman Birin itu, diantaranya seperti Balogo, Bagasing, Asinan, dan lainnya.

“Sudah disiapkan untuk memperebutkan piala Paman Birin,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here