ALMA Banjar Raya Bantu Ekonomi Nelayan

0
175

BANJARMASIN, jejakbanua – Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor melalui Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdaprov Kalsel, Syaiful Azhari mengapresiasi Anjungan Listrik Mandiri (ALMA) Docking Charging Station Kapal, guna membantu perekonomian nelayan

Alma dibangun oleh PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalselteng, di Pelabuhan Perikanan Banjarmasin

“Keberadaan Alma ini sangat layak didirikan karena dapat mengurangi polusi dan bisa menciptakan kondisi ramah lingkungan serta mendukung program pemerintah Borneo Green Environment,” ujar Paman Birin melalui Syaiful Azhary, Jumat (24/6/2022) malam.

Alma membantu perekonomian masyarakat Kalimantan Selatan khususnya para nelayan yang ada di Pelabuhan Banjar Raya ini.

“Semoga, kehadiran Alma di Pelabuhan Banjar Raya ini sebagai embrio pembangunan Alma di tempat yang lain di Kalimantan,” harapnya.

Sementara Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kalsel Rusdi Hartono mengatakan, keberadaan 2 box ALMA yang masing-masing berkapasitas 3 x 5500 VA dan 2 x 5500 VA ini akan mendukung pelaku usaha atau nelayan yang beraktivitas di Pelabuhan Perikanan Banjar Raya Kota Banjarmasin.

“Dengan kapasitas ALMA yang ada sangat mencukupi, bahkan lebih karena kapal yang masuk di pelabuhan Banjar Raya ini baru lima, untuk sepuluh kapal cukup sebenarnya,” kata Rusdi.
Usulan adanya ALMA di Banjar Raya ini sebenarnya sudah sejak lama oleh Pemprov Kalsel. “Sejak zaman saya tugas di Pelabuhan Perikanan Banjar Raya, alhamdulillah terwujud sekarang berkat prakarsa Gubernur Kalsel Paman Birin,” pungkas Rusdi.

Sekretaris Persatuan Agen Penyalur Ikan, Pelabuhan Ikan di Banjar Raya, Priyadi Jaya, mengaku bersyukur ada fasilitas ini.

“Saya biasanya pakai genset menggunakan solar habis Rp 80 ribu per malam. Pakai ALMA ini, pakai token bisa hanya perlu Rp 30 ribu,” jelasnya. NS/ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here