Banjarbaru – Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin memimpin apel siaga bencana asap akibat Karhutla 2022 di halaman Setdaprov Kota Banjarbaru, Senin (27/6/2022).

Apel diikuti peserta dari TNI Polri,BPBD Kabupaten kota, Tagana dan relawan. Dalam kesempatan itu, Paman Birin juga sekaligus memimpin apel siaga pengendalian dan penanganan penyakit kuku dan mulut (PMK) hewan ternak di Kalsel.
Hadir dalam giat apel gabungan tersebut Ketua DPRD Kalsel, Sekda Kalsel, Perwakilan pemerintah kabupaten kota dan jajaran BPBD masing – masing serta unsur TNI Polri.

Gubernur telah menepatkan status Kalsel dalam siaga Karhutla tahun 2022 per 15 Juni hingga 15 November 2022. Apel juga menampilkan atraksi pemadaman Karhutla oleh TRC BPBD, relawan serta TNI Polri. Ada lebih 1000 personil disiapkan dalam penanganan Karhutla Kalsel 2022.

Sementara di Kalsel sudah ada tiga kabupaten kota yang telah menerapkan status siaga bencana asap akibat Karhutla 2022, yaitu Tapin, Banjarbaru dan Batola.

Paman Birin dalam amanatnya menegaskan bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan, dampaknya bukan hanya menimbulkan permasalahan lingkungan, tetapi juga mengakibatkan gangguan kesehatan,  hambatan transportasi, serta kerusakan lingkungan. 

Dirinya menekankan semua pihak harus berperan aktif dalam mencegah pemicu timbulnya kebakaran hutan dan lahan, baik dengan cara penyuluhan, kampanye, sosialisasi dan penegakkan hukum. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here