Banjarbaru – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Provinsi Kalsel menyampaikan capaian realisasi investasi Kalsel Triwulan I Tahun 2022 di angka Rp2,64 triliun.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas PMPTSP Prov Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana menjelaskan, hasil realisasi berdasarkan target investasi, sudah didelegasikan dari Kementerian Investasi atau Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI.

“Realisasi triwulan pertama ini, kita sudah mencapai posisi Rp2,64 triliun di mana Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sebesar Rp2,19 triliun kemudian Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar Rp448,55 miliar atau secara proporsional yaitu PMDN sebesar 83,03 persen dan PMA 16,97 persen,” ujar Hanifah, Rabu (29/6/2022).

Kemudian capaian dalam bentuk proyek, untuk PMA sebesar 88 proyek dan untuk PMDN sebesar 869 proyek.

Untuk realisasi investasi PMA, sektor-sektor yang mendominasi pada capaian Triwulan I yaitu sektor pertambangan sebesar Rp336,24 miliar, sektor transportasi gudang dan telekomunikasi sebesar Rp80,53 miliar dan sektor tanaman pangan perkebunan peternakan sebesar Rp19,16 miliar.

Sedangkan untuk realisasi investasi PMDN untuk Triwulan I, juga sama pada sektor pertambangan yaitu sebesar Rp1,5 triliun, sektor tanaman pangan perkebunan dan peternakan sebesar Rp212,31 miliar dan sektor industri makanan sebesar Rp151,89 miliar.

Menghadapi Triwulan II, Hanifah mengharapkan melalui pelaporan yang akan disampaikan oleh pelaku usaha sudah diproses, agar upaya pencapaian target tetap fokus.

“Kita sudah sampaikan kepada teman-teman di kabupaten/kota untuk bisa terlibat di dalamnya untuk mengawasi dan memantau laporan untuk realisasi penanaman modal dan mereview agar target-target investasi Tahun 2022 dapat tercapai,” tutup Hanifah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here