Banjarbaru – Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor berharap Forum UK/UPT Kementerian Pertanian di daerah ini kompak dan konsisten dalam mendukung program pemerintah pusat dan daerah serta terus bersinergi dengan SKPD kabupaten/kota untuk mewujudkan pertanian yang maju, mandiri dan modern.

Hal ini disampaikan Paman Birin dalam sambutan tertulis yang dibacakan Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Suparno pada kegiatan panen jagung varietas JH 37 dan pelantikan Forum UK/UPT Kementerian Pertanian di Provinsi Kalsel, di Aula Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa (Balittra) Banjarbaru pada Kamis (30/6).

Disebutkan Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel kegiatan ini hendaknya makin memperkuat sinergitas, terjalin koordinasi yang baik, khususnya antar UK/UPT Kementan di Kalsel.

Hal ini ujar gubernur, sebagai wujud komitmen bersama dalam memantapkan langkah pembangunan pertanian di Banua ini.

Disampaikan lagi, sekarang dan kedepan Kalsel tidak hanya menjadi daerah penyangga beras nasional, tetapi akan menjadi salah satu daerah penyangga pangan bagi IKN Nusantara.

Sebagai komitmen nyata, untuk menjadikan salah satu daerah pendukung dan daerah penyangga pangan IKN Nusantara, Pemprov Kalsel telah menetapkan daerah ini sebagai gerbang IKN dan memposisikan pertanian sebagai sektor andalan dan penggerak utama pembangunan.

“Kami terus mengharapkan dukungan dari berbagai pihak, terlebih dari kementerian pertanian, sehingga cita-cita besar ini dapat terwujud,” harap Paman Birin.

Paman Birin pun berharap, tekad dan upaya dari semua pihak, selain dapat meningkatkan produktivitas pertanian, juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat tani di Kalsel.

Sementara itu, Kepala Balai Penelitian Pertanian Lahan Rawa (Balittra) Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Agus Hasbianto mengatakan, keberadaan forum bertujuan untuk mensinergikan program masing-masing dan menjadikan wadah bertukar informasi seputar masalah pertanian.

“Kita akan melakukan pertemuan antar UK/UPT, selain mengadakan lomba-lomba untuk mempererat hubungan forum,” ujar Agus.

Dalam pembukaan Forum UK/UPT Kementerian Pertanian itu, tampak hadir juga Kepala Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalsel Syamsir Rahman serta kepala pertanian kabupaten/kota se-Kalsel. (sal/adpim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here