MARTAPURA,- Hujan deras yang berlangsung sejak pagi hingga siang Senin (4/7/2022) menyebabkan banyak ruas jalan di Martapura Kabupaten Banjar Kalsel calap (tergenang banjir). Tak terkecuali pemukiman warga dengan ketinggian air bervariasi.

Mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Banjar bersama relawan lainnya melakukan evakuasi terhadap warga yang rumahnya tergenang. Evakuasi dilakukan  dibeberapa lokasi terutama pada ketinggian air yang dinilai membahayakan warga.

Hingga siang ini ada dua lokasi yang sudah dilakukan evakuasi terhadap warganya, sebut Gt Yudi Kasi evakuasi dan penyelamatan pada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Banjar melalui pesan singkat WatshApp. Yaitu Perumahan guru Guntung Alaban Kelurahan Sungai Pering dengan jumlah 11 orang.

” Terdiri dari 2 ibu hamil 2 anak-anak , sisanya orang dewasa,” tulis Yudi.

Lokasi kedua Komplek Megatama Jalan Tol Desa Jingah Habang, dimana evakuasi masih berlangsung.

” banyak yang bantu di Jingah Habang, alhamdulillah ada BPBD, Dinsos dengan Tagananya, dan relawan gabungan BPK dan Emergency Kabupaten Banjar, untuk evakuasi dan pengamanan dilokasi,” ucapnya.

Untuk masyarakat yang berada di bantaran sungai, Bupati Banjar H Saidi Mansyur juga mengimbau agar waspada dan sedia tas emergency atau tas untuk kebutuhan keluarga. Menyimpan benda berharga ditempat yang aman. Usahakan jangan panik dan berdoa agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain itu matikan aliran listrik agar tidak terjadi konsleting. Amankan keluarga dan periksa kembali rumah sebelum ditinggalkan serta siapkan konsumsi sebelum datangnya bantuan dari pihak lainnya. RSB 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here