Petugas Keswan Temukan Sapi Kurban Terinfeksi Cacing Hati

0
235

Jejakbanua.com, Banjarmasin – Petugas kesehatan hewan (Keswan) dari Bidang Peternakan, di Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Banjarmasin cacing hati pada hewan kurban yang disembelih saat Idul adha 1443 H.

Medik Veterineer DKP3 Banjarmasin, drh Annang Dwijatmiko mengatakan, petugas kesehatan hewan yang diturunkan melakukan monitoring keliling pada beberapa titik penyembelihan hewan kurban di Banjarmasin.

“Pemantauan ada sekitar 10 titik, terutama di wilayah Banjarmasin Tengah. Dan memang ada kasus temuan sapi yang terinfeksi cacing hati pada organ dalamnya,” katanya, Minggu (10/7/2022) saat ditemui jejakbanua.com.

Dia menerangkan, panitia pelaksana kurban sudah diberi pemahaman oleh pihaknya agar bagian hati dari sapi yang terinfeksi cacing hati tersebut tidak dibagikan kepada warga.

“Jika dikonsumsi, efek yang dirasakan bisa berupa berupa mual, muntah dan diare. Bahkan jika sampai terjadi diare akut, dikhawatirkan terjadi dehidrasi yang membuat daya tahan tubuh melemah,” jelasnya.

Bagian hati yang sudah terinfeksi cacing tersebut. Juga tidak mempengaruhi daging maupun organ lainnya.

“Tak perlu panik cukup dipisahkan saja, agar jangan sampai dikonsumsi,”tutupnya. (Diy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here