Paman Birin Harap Fahmi Tamami Kalsel Jadi Wadah Kreatifitas Takmir Masjid

0
79

Jejakbanua.com, Banjarmasin – Ketua Umum Majelis Pimpinan Pusat Forum Silaturahmi Ta’mir Masjid dan Musholla Indonesia (MPP Fahmi Tamami), H. Rhoma Irama melantik langsung Pengurus Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Fahmi Tamami 13 kabupaten/kota se-Kalsel Tahun 2022 di Banjarmasin pada Rabu (13/7) malam.

Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Sulkan menyampaikan sambutan tertulisnya dalam acara yang dihadir juga Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK itu.

Paman Birin berharap pelantikan ini dapat mempererat jalinan silaturahmi yang baik dan menyadarkan semua pihak terkait akan pentingnya kedudukan dan peran ta’mir masjid dalam upaya mendukung suksesnya pengelolaan pemberdayaan dan kemakmuran masjid di Banua Kalsel.

Sebagaimana diketahui bersama, ujar Paman Birin bahwa masjid maupun musala merupakan salah satu tempat keagamaan terbesar dalam komunitas masyarakat muslim yang ada di Indonesia.

Bahkan dari tahun ke tahun, semangat masyarakat Islam untuk mendirikan masjid terus meningkat.

Meskipun diketahui bersama, akhir-akhir ini pertumbuhan ekonomi melambat akibat pandemi covid-19, tetapi bagi masyarakat, kondisi itu bukanlah alasan surutnya semangat dalam membangun masjid, sehingga secara kuantitatif bangunan masjid maupun musholla setiap tahun terus mengalami peningkatan yang signifikan.

Hal tersebut bisa dilihat, berdasarkan data dari Kementerian Agama, jumlah masjid di Kalsel dengan berbagai jenis dan tipenya sebanyak 2.786 buah, dan
musala sebanyak 8.051 buah.

Data ini menunjukkan, bahwa komitmen masyarakat di Kalsel terhadap pembangunan masjid maupun musala masih sangatlah
tinggi.

Tapi disisi lain diingatkan gubernur, bahwa harus disadari, geliat pembangunan masjid maupun musala masih belum sejalan dengan komitmen masyarakat dalam memakmurkannya.

Maka dari itu, agar pelaksanaan pengelolaan masjid dan musala mampu melaksanakan fungsinya secara efektif, harus ada upaya pelatihan dan pembinaan kepada para ta’mir masjid, sehingga visi dan misi masjid benar-benar tercapai secara maksimal.

“Untuk itu saya juga berharap, hadirnya Forum Silaturahmi Ta’mir Masjid dan Musholla Indonesia (Fahmi Tamami) ini dapat menjadi wadah kreatifitas para ta’mir masjid dalam menyalurkan bakat dan minatnya masing-masing,” ujarnya.

Disisi lain, gubernur juga mengajak kepada seluruh masyarakat, agar memakmurkan masjid maupun musala dengan salat berjamaah. Sebab dalam salat berjamaah terkandung nilai-nilai kebersamaan, kekompakan, kejujuran dan lain sebagainya.

“Jadi kalau kita sudah terbiasa melaksanakan salat berjamaah, maka Insya Allah nilai-nilai yang terkandung dalam salat akan membentuk karakter masyarakat dan generasi muda Islam di banua yang lebih baik,” terang Paman Birin. (Sal/adpim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here