Jejakbanua.com, Banjarmasin – Unit reskrim Polsek Banjarmasin Utara, mengamankan Pria berinisial BH (59) warga Jalan Kelayan Kecil Gang Haur Kuning RT 16 Kelurahan Kelayan Timur, Banjarmasin Selatan.

Kapolsek Banjarmasin Utara, Kompol Agus Sugianto melalui kanit reskrim Ipda Sudirno, menerangkan penangkapan terhadap pelaku penipuan ini, pada Minggu (17/7/2022) sore.

BH yang berusia senja ini memberdayai seorang korban, Nurul Maulida (57), warga Jalan Karya Sabumi VII Kompleks Kejaksaan, Kelurahan Pangeran, Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin.

Dalam aksinya, pria kelahiran Rantau itu berpura-pura tak tahu arah lantaran mengaku berasal dari Sungai Danau.

Saat itu, tak sengaja bertemu dengan korban, dan minta diarahkan bertemu dengan orang alim yang bernama Guru Muhammad, di kawasan Makam Sultan Suriansyah, kuin utara .

Tak ada kecurigaan, Nurul pun bersedia mengantarkan tersangka ke kawasan Makam Sultan Suriansyah untuk bertemu dengan Guru Muhammad dengan menaiki motor pelaku.

Saat tiba dan bertemu, orang yang mengaku Guru Muhammad, justru mengatakan bahwa korban terkena guna-guna.

Dari situ, pelaku memberdayai korban, berdalih untuk mengusir guna-guna, korban diminta melepaskan perhiasan emas yang ia kenakan untuk didoakan, dengan dimasukan ke dalam tempat lulur.

“Saat korban lengah, pelaku BH menukarkan tempat lulur berisi emas dan tempat lulur yang tidak ada emasnya, dan syaratnya tidak boleh dibuka sampai hari Senin,” jelas Ipda Sudirno.

Usai itu, mereka berpisah dengan Guru Muhammad dan kembali berboncengan, pelaku akan mengantarkan korban ke rumahnya.

“Saat diperjalanan pulang, di kawasan jalan HKSN Kompleks Surya Gemilang Kelurahan Kuin Utara, pelaku berpura-pura kehabisan bensin dan meminta korban turun dari motornya, disitu korban curigai gelagat pelaku, lalu berteriak-teriak meminta tolong warga sekitar. Warga berdatangan yang mana saat itu di antaranya adalah anggota polri,” jelasnya.

Pelaku pun tak bisa mengelak lagi saat diinterogasi petugas dan warga ditempat itu, dia lalu menyerahkan tempat lulur berisi emas kepada korban.

“Pelaku langsung diamankan, ke Mapolsek Banjarmasin Utara untuk diproses lebih lanjut. kami menyita barang bukti berupa 2 buah tempat lulur merk Sekar sari, 2 cincin emas masing-masing seberat 5 gram, dan 1 buah kalung emas seberat 10 gram milik korban,” jelas Kanit.

Adapun satu tersangka lainnya yang mengaku sebagai Guru Muhammad masih dalam pengejaran pihak kepolisian.

Pelaku BH terancam hukuman seperti pada pasal 363 ayat 1 ke-4 atau 378 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan atau penipuan. (Dkm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here