Gernas BBI Kalsel Promosikan Produk Banua

0
170

Jejakbanua.com, Banjarmasin – Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Kalsel resmi dibuka di Siring Kilometer Banjarmasin, Jumat (22/7/2022) siang. Pembukaan dihadiri oleh Menko   Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Mendagri Tito Karnavian, Gubernur BI, Perwakilan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, unsur Forkopimda Kalsel serta kepala daerah se Kalsel atau yang mewakili.

Dalam Gernas BBI Kalsel  terdapat pameran UMKM, Pojok Kopi, Talkshow, Lelang UMKM hingga pelatihan dan konsultasi bisnis bagi UMKM.

Sebanyak 650 produk UMKM mengikuti pameran dalam gelaran Puncak Acara Gernas Bangga Buatan Indonesia di Kalimantan Selatan. 

Selain pameran, juga menghadirkan fashion show khas Kalimantan Selatan yaitu Sasirangan, karnaval perahu hias, atraksi budaya, pameran foto, temu investor, hingga pertunjukan hiburan.

Sementara Menko Luhut dalam sambutannya mengatakan Gernas BBI ini menjadi salah satu penguatan ekonomi dalam negeri. “Itu sebabnya tiap bulan kita bikin berpindah-pindah untuk membangunkan semangat kita,” katanya.

Menko Marves juga mengatakan kegiatan Gernas BBI yang telah dilakukan sejak 2021 telah mencatatkan perputaran ekonomi mencapai Rp876 triliun dan realisasi transaksi UMKM sebesar Rp310 triliun.

Luhut meminta produk-produk UMKM di tiap daerah Indonesia dikembangkan lebih luas tidak hanya pada produk makanan, namun juga produk kerajinan tangan atau kriya, fesyen, dan lain sebagainya.

Selain itu, ia juga meminta kepada para pemimpin daerah untuk merampungkan e-katalog agar produk-produk UMKM di daerah bisa memiliki akses pasar yang lebih luas, khususnya untuk pengadaan sarana dan prasarana pemerintah maupun BUMN.

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono sebagai Campaign Manager Gernas BBI dalam sambutan secara daring menyebutkan Gernas BBI merupakan salah satu upaya KKP untuk meningkatkan digitalisasi UMKM, mempromosikan, serta memperluas akses pasar.

Sambutan daring juga disampaikan Menparekraf Sandiaga Uno serta Dirut Pertamina.

Gernas BBI Kalsel digelar selama tiga hari kerjasama Kementerian Kelautan dan Perikanan bersama dengan Bank Indonesia dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. Adapun tema Gernas BBI kali ini adalah  “Jelajahi Warna-Warni Kalimantan Selatan”. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here