Jejakbanua.com, Banjarmasin –  Dinas Sosial Kalsel menebar  1000 bendera bendera merah putih di berbagai daerah Kalimantan Selatan. Hal ini dilaksanakan dalam rangka menandai Peringatan Hari Kemerdekaan  RI ke 77 sekaligus Hari Jadi Kalsel ke 72 Tahun 2022. Pemasangan bendera merah putih dimulai dari kawasan Sungai Jingah Kota Banjarmasin sebanyak 100 buah bendera pada Selasa (9/8/2022) pagi.

Bendera merah putih  secara simbolis dipasang  oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalsel, Siti Nuriyani serta perwakilan PKK Provinsi Kalsel Hj Zainab yang mewakili Ketua PKK Kalsel Hj Raudatul Jannah. 

Pemasangan dilakukan baik di sepanjang jalan, depan rumah warga maupun bantaran sungai atau dermaga setempat. Turut menyaksikan para ASN, Tagana Kalsel, perwakilan masyarakat dan Lurah Sungai Jingah.

Selain di kawasan pinggir sungai, sejumlah ASN di Dinas Sosial Provinsi Kalsel, juga membagikan  bendera merah putih tersebut kepada warga sekitar.

“Pembagian bendera merah putih tersebut untuk membangkitkan kembali semangat kemerdekaan, terlebih pasca pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Kegiatan itu juga sesuai dengan arahan Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor dan Presiden RI Joko Widodo untuk membagikan 10 juta bendera merah putih,” kata Kadinsos Kalsel Hj Siti Nuriyani didampingi Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial H Ahmadi.

Menurutnya,  ada 1.000 lembar bendera yang dibagikan. “Untuk di kawasan Sungai Jingah mereka hanya membagi 100 lembar dan sisanya nanti akan dibagikan ke daerah lain,” kata Nuriyani

Dengan menebar bendera merah putih, diharapkan, membangkitkan semangat kemerdekaan. “17 agustusan kita bangkit dan semangat lagi dan bertepatan dengan Hari Jadi Provinsi Kalsel ke 72 yang puncaknya pada 15 Agustus 2022 ini,” tambah Nuriyani.

Sementara Ketua RT 3 Kelurahan Sungai Jingah Rudimansyah, mengatakan pihaknya  sangat berterimakasih atas pembagian bendera ini. “kedepannya warga Sungai Jingah lebih maju lagi dan terus mencintai Indonesia,” ucap Rudimansyah.

Masyarakat  akan membagikan dan mengibarkan bendera dalam rangka Hari Jadi Provinsi Kalsel ke 72. 

Sementara Kabid Linjamsos Dinsos Kalsel H Ahmadi mengatakan Dinas Sosial menargetkan sebelum 17 Agustus, 1000 bendera itu sudah dibagi dan terpasang di berbagai daerah Kalsel. “Hal ini merupakan arahan dari Gubernur Kalsel agar dalam rangka HUT RI sekaligus Harjad Kalsel tahun 2022 ini suasana lebih semarak dan mampu membangkitkan semangat nasionalisme masyarakat,” kata Ahmadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here