Jejakbanua.com, Banjarmasin – Momen Hari Jadi (Harjad) Kalsel yang ke 72 tahun 2022 bakal diwarnai momen spesial. Pasalnya, bertepatan dengan Puncak perayaan Harjad pada Senin  15 Agustus 2022, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau akrab disapa Paman Birin bakal meletakan  batu pertama pembangunan menara atau tugu setinggi 99 meter di Banjarmasin tepatnya kawasan perkantoran Gubernur Kalsel yang lama atau depan Siring nol kilometer.

“Insya Allah nanti Gubernur Kalsel yang akan meletakan batu pertama pembangunan menara 99 meter tersebut,” kata  Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Kalsel Agung Dewanto, Selasa (9/8/2022).

Peletakan batu pertama menara 99 meter   mulai disiapkan karena  berbarengan momen perayaan Harjad Kalsel 72. “Pintu masuk kiri untuk jalur masuk kegiatan penyelenggaraan perayaan Harjad Kalsel dan pintu masuk kanan untuk proyek, akan dikasih batas nanti,” kata Agung.

Menara tersebut dibangun mulai tahun anggaran 2022 ini dengan anggaran tahap pertama Rp 27 M. 

Menara terdiri dari bangunan  Tower dengan konstruksi beton hingga setinggi 66,6 meter dilengkapi menara pandang. Selebihnya hingga puncak setinggi 99 meter akan berupa tugu dengan  konstruksi baja.

“Tower konstruksi beton setinggi 66,6 meter terdiri lima lantai dan puncaknya berupa menara pandang keliling dengan kaca yang bisa dinaiki oleh pengunjung,” kata  Agung.

Selain menara setinggi  99 meter, kawasan itu juga bakal dibangun  area UMKM, ampi theater dengan shelter pelindung berupa material atap membran. “Dibawa menara 99 meter nanti juga dibikin play ground, Ruang Terbuka Hijau, videotron, aula, bangunan galeri museum tentang kebudayan Kalsel, serta kantor Geopark Meratus,” kata Agung. Ary 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here