Pemprov Kalsel Terima Bantuan Helikopter Patroli Karhutla

0
201

Jejakbanua.com, BANJARBARU – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengirim satu unit helikopter dengan jenis Bell 206L untuk memperkuat satuan tugas kebakaran hutan dan lahan (Satgas Karhutla) Provinsi Kalimantan Selatan.

Serah terima dilakukan Kasubbdit Pemulihan Sarana BNPB kepada Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kalsel R Suria Fadliansyah di Lanud Syamsuddin Noor, Selasa (9/8) siang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kalsel R Suria Fadliansyah mengatakan, Helikopter ini akan dioptimalkan untuk patroli Karhutla tahun 2022.
“Dengan ada heli ini membuat gerak satgas semakim cepat dan efektif dalam menanggulangi karhutla, katanya.

Disampaikanya, sesuai arahan Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor menginginkan kecepatan dalam menanggulangi karhutla.

“Peliharalah hutan di Kalsel dari kebakaran. Sungguh hutan kita adalah paru-paru dunia. Membiarkan hutan kita terbakar, sama saja artinya kita membiarkan kerusakan lingkungan,” demikian pesan Paman Birin.

Dikatakan Suria, adanya pasukan satgas ini merupakan bentuk keseriusan, kesungguhan, dan sekaligus kesiapan Pemprov Kalsel untuk bergerak cepat dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan di Kalimantan Selatan.

“Helikopter tersebut akan terus bertugas berada di Provinsi Kalimantan Selatan hingga status siaga darurat bencana Karhutla berakhir di tahun ini,” kata Suria.
Sementara Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kalsel Pomadi Dharma mengatakan dari 13 kabupaten kota di Kalsel, 12 diantaranya memang rawan Karhutla. “Banyak daerah rawan Karhutla sulit terjangkau akses darat dan ketersediaan air, karena itu Kalsel mendapatkan bantuan helikopter untuk penanganan Karhutla,” kata Pomadi.

BPBD Kalsel mengajukan bantuan 2 buah helikopter patroli dan 8 buah helikopter water boombing ke BNPB. “Pada hari ini diserahkan bantuan satu helikopter patroli dan selanjutnya akan diberikan bantuan secara bertahap sesuai kebutuhan penanganan Karhutla 2022 ini,” kata Pomadi. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here