Jejakbanua.com,Banjarbaru – Kegiatan bazar pangan murah/operasi pasar (BPM/OP)  oleh Dinas Ketahanan Pangan Kalsel mendapatkan sambutan antusias dari masyarakat sekitar. Bazar pangan murah digelar selama dua hari mulai tanggal 10 – 11 Agustus 2022 di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan Kalsel Jl P Batur Timur Kota Banjarbaru.

Warga membeli berbagai kebutuhan pangan pokok yang dijual dibawah harga pasar  yang tersedia di area bazar tersebut. Kegiatan ini kerjasama dengan Bulog Kalsel, Aspartan, Gapoktan dan para distributor bahan makanan dan pelaku UMKM  guna penyediaan barang yang dijual.

Kabid Distribusi dan Cadangan Pangan Andi Chariati mengatakan  Bazaar Pangan Murah/operasi pasar Murah dilaksanakan guna menjaga stabilitas harga dan kelancaran pasokan pangan pokok strategis dalam rangka mewujudkan keterjangkauan pangan bagi masyarakat.

“Selain itu diharapkan masyarakat punya daya beli dengan adanya BPM/OP ini, karena harga ditetapkan dibawah harga pasar berlaku di daerah ini,” kata Chariati, Rabu (10/8/2022) di sela kegiatan bazar pangan murah tersebut.

Adapun bahan pangan yang dijual adalah pangan strategis yang dibutuhkan masyarakat sepeti beras, jagung, kedelai, cabai,bawang, gula pasir, minyak goreng, telur ayam, daging ayam maupun sapi/kerbau dan produk UMKM lokal lainnya.

Gelar bazar pangan murah dan operasi pasar ini juga mengurangi dampak inflasi terhadap masyarakat di satu daerah. “Banyak hal pemicu inflasi diantaranya rantai distribusi yang tak efisien, ketersediaan pangan tak cukup, waktu panen, dan sarana prasarana minim dalam mendukung kelancaran pasokan distribusi pangan strategis,” jelas Chariati.

Kegiatan ini juga dilakukan secara berkala khususnya saat menjelang hari besar keagamaan yang kerap terjadi inflasi harga pangan. “Seperti  bazar yang saat ini kita laksanakan, masyarakat terbantu membeli pangan pokok dengan harga terjangkau,” pungkas Chariati. Ary 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here