Jumat, April 19, 2024
BerandaEkonomi & BisnisPaman Birin Dorong Pesantren Berlomba Hasilkan Produk Unggulan

Paman Birin Dorong Pesantren Berlomba Hasilkan Produk Unggulan

Jejakbanua.com, Banjarbaru – Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor turut mendampingi Wapres RI KH Ma’ruf Amin untuk meresmikan ajang  OPOP (one pesantren one product) Kalsel Expo di Lapangan Murdjani Banjarbaru, Kamis (11/8/2022).

Dalam sambutannya Paman Birin menyampaikan dukungan jajaran pemerintah provinsi Kalimantan Selatan dalam menyukseskan program OPOP Kalsel Expo di Bumi Lambung Mangkurat. “Kami selaku Pemerintah Provinsi Kalsel mendukung program OPOP Kalsel Expo guna membangkitkan pemberdayaan ekonomi  pesantren se Kalsel hingga mampu  menciptakan produk ekonomis yang bisa memberikan nilai tambah bagi kemajuan dan kemandirian pesantren,” kata 

Ia pun berharap agar upaya ini dapat mendorong seluruh pesantren di Kalimantan Selatan untuk berlomba-lomba menghasilkan produk terbaiknya.

“Mudah-mudahan dengan adanya launching dan gebyar OPOP, pondok pesantren akan berlomba-lomba menghasilkan produk unggulannya masing – masing,” harap Paman Birin.

Sebelumnya Wapres KH Ma’ruf Amin mengatakan upaya pemberdayaan ekonomi berbasiskan pesantren merupakan bentuk dari memenuhi tanggungjawab umat dalam memakmurkan bumi. Hal ini dapat dilakukan dalam bidang ekonomi, seperti industri, pertambangan, perdagangan maupun pertanian, melalui program One Pesantren One Product (OPOP). Oleh karena itu, pesantren harus dapat menjadi offtaker agar program OPOP dapat terus menghasilkan produk-produk terbaiknya, khususnya dalam upaya memakmurkan bumi dan mendorong pengembangan sektor ekonomi rakyat.

” Offtaker, membuat produk, membeli, menjual, sehingga proses produksi terus berjalan. Ini saya kira yang ingin kita bangun,” tegas Wakil Presiden yang hadir ke Kalsel bersama istri Wury Ma’ruf Amin.

Hadir pula dalam acara ini Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan H. Supian HK, Walikota Banjarbaru M. Aditya Mufti Ariffin beserta Ibu Vivi Mar’i Zubedi Ariffin, Ketua Ikatan Pesantren Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan M. Mukri Yunus dan para peserta OPOP Kalimantan Selatan Expo 2022.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments