Jejakbanua.com, Banjarmasin – Dalam rangka melestarikan tradisi leluhur dan warisan budaya Banjar Kalimantan Selatan, Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor mencanangkan Gerakan Batamat Al-Qur’an di Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin, Sabtu (13/8/2022).

Gubernur Kalsel yang akrab disapa Paman Birin ini mengatakan, khataman atau batamat Al-Qur’an sejatinya adalah hal yang sudah menjadi kebiasaan para leluhur.

“Mulai ulun lagi halus karena banyak jua guru mengaji di Sungai Jingah. Pokoknya bila tuntung batamat tu pang. Paling kada ada lakatan wan hintalu sebiji jadi haja. Apalagi ditempat lain diwilayah kita karena wilayah Kalsel adalah wilayah yang religius, rakyatnya religius tentunya,” katanya.

Paman Birin berharap dengan adanya kegiatan batamat Al-Qur’an ini akan menjadi sebuah kebiasaan bagi kita semua serta anak cucu

“Hidup kita, masyarakat kita adalah masyarakat yang religius dan punya kitab yang luar biasa yaitu Al Qur’annul Karim. Jadi Tidak hanya kita sekedar membaca tapi kita mampu mengaplikasi dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Badan Pengelola Masjid Raya Sabilal Muhtadin, KH Darul Qutni mengatakan, sangat mengapresiasi atas inisiatif Bapak Gubernur, Paman Birin atas kesediaan beliau untuk mencanangkan Gerakan Batamat Al-Qur’an sebagai wujud mempertahankan dan melestarikan tradisi leluhur dan warisan budaya yang religius ini.

“Kagiatan ini adalah satu media edukasi untuk giat mempelajari Al-Qur’an disemua level usia dan di Masjid Sabilal Muhtadin pun setiap Jumat selalu dibacakan satu juz Al-Qur’an yang dikenal One Jum’at One Juz dan kemarin itu merupakan Juz ke 30 dan hari ini kita batamat Al-Qur’an mulai suart Ad-Dhuha sampai An-Nas,”katanya.

Adapun dalam kesempatan tersebut berkesempatan memberikan tausyiah, KH Wildan Salman menyampaikan, kegiatan batamat Al-Qur’an ini supaya tilawah atau bacaan Al-Qur’an selalu berkumandang dimana-mana, dan mudahan sampai ke rumah-rumah.

“Karena kata rasul, bacai Al-Qur’an karena Al-Qur’an apabila dibaca maka nantinya pada hari kiamat akan datang kepada pembacanya untuk memberikan syafaat memintakan ampun kepada Allah,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Paman Birin juga menandatangani menumen prasasti Gerakan Batamat Al-Qur’an dilanjutkan dengan pembacaan surat Ad-Dhuha yang dibacakan oleh Paman Birin. (end/adpim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here