Jejakbanua.com, Banjarmasin – Gubernur Kalsel Sahbirin Noor didampingi Wagub Muhidin beserta alim ulama dan Forkopimda  meletakan batu pertama pembangunan tugu pal nol kilometer di lahan eks perkantoran Gubernur Kalsel, Senin (15/8/2022). Tugu atau menara yang bakal setinggi 99 meter ini tepat berada di depan taman siring nol Km sehingga dinamai tugu pal nol kilometer Banua Kalsel. 

Diiringi doa Guru Wildan Salman, prosesi peletakan batu pertama  secara bergantian oleh Gubernur Kalsel, Wagub Kalsel, KH Wildan Salman, Ketua DPRD Kalsel, unsur Forkopimda dan anggota DPRD Kalsel lainnya.

Peletakan batu pertama ini dilaksanakan saat puncak perayaan Harjad Kalsel ke 72 di halaman kantor Gubernur Kalsel.

Paman Birin panggilan akrabnya Gubernur Kalsel mengatakan, Tugu Kalsel pal Nol Km ini diharapkan bakal  menjadi ikon Provinsi Kalimantan Selatan. “Tugu ini akan menjadi ikon banua Kalsel, seperti orang bilang kalau tak ke Monas maka tak ke Jakarta maka nanti kalau tak ke tugu pal nol kilometer ini maka tak ke Kalsel, jadi tugu nol Km ini seperti Monas-nya Kalsel,” kata Paman Birin.

Dengan dibangunnya tugu Kalsel Nol itu diharap bisa memberikan manfaat kepada masyarakat dan membangkitkan perekonomian rakyat.

“Karena di areal  tugu  ini nantinya akan dibangun ruang  UMKM yang dikelola unit kerja Pemerintah Provinsi Kalsel, sehingga pelaku usaha bisa memasarkan produknya,” kata Paman Birin.

Selain itu juga ada akan ruang terbuka hijau atau taman sebagai wadah berkumpulnya masyarakat. 

Sementara itu, Plt Kadis PUPR Kalsel Ahmad Solhan melalui Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Kalsel, Agung Dewanto, mengungkapkan,  pembangunan tugu ini mempunyai tinggi total 99 meter. Namun bangunan utama berupa Tower dengan konstruksi beton setinggi 66,6 meter. “Selanjutnya hingga setinggi 99 meter berupa konstruksi baja,” terangnya.

Bangunan Tower ini terdiri lima lantai. Di puncak Tower setinggi 66,6 meter akan ada menara pandang keliling dengan pembatas kaca sehingga warga bisa melihat view Banjarmasin.

“Untuk itu, tahap pertama kita akan melaksanakan tahap pondasi dan beberapa fasilitas pendukung lainnya, anggaran tahap 1 ini sekitar Rp 27 M,” kata Agung. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here