Jejakbanua.com, Jakarta – Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan kembali mengharumkan nama daerah dengan meraih juara dalam Lomba Wana Lestari tahun 2022 yang dilaksanakan di Arboretum Ir. Lukito Dayadi, M.Sc Gedung Manggala Wanabakti, Selasa (16/8).

Dari beberapa kategori yang dilombakan oleh BP2SDM KLHK, Dinas Kehutanan menyabet 4 penghargaan. Yakni diantaranya Gapoktan Sumber Kahuripan meraih juara 1 pada kategori Hutan Kemasyarakatan dibawah binaan KPH Tanah Laut, lalu Tri Joko Laksono meraih juara 3 pada kategori Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat dibawah binaan KPH Cantung.

Kemudian KTH Baru Muncul meraih Juara Harapan 1 pada kategori Kelompok Tani Hutan dibawah binaan KPH Hulu Sungai, dan pada katagori Penyuluh ASN meraih Juara Harapan 2 atas nama Syafriansyah dibawah binaan KPH Tabalong.

Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Alue Dohong mewakili Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam kesempatannya memberikan arahan bahwa momen pemberian penghargaan apresiasi Wana Lestari Tahun 2022 ini juga merupakan dalam rangkaian peringatan HUT RI Ke-77.

Turut berhadir pada acara tersebut para Pejabat Tinggi Pratama lingkup KLHK yang terkait kategori lomba, serta tamu undangan lainnya.

“Pemberian Penghargaan Lomba dan Apresiasi Wana Lestari Tahun 2022 ini merupakan bentuk ungkapan terimakasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atas inisiatif, prestasi, dan kinerja serta darma bhakti para teladan Wana Lestari dalam mendukung suksesnya program pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan di daerah masing-masing. Pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan tidak dapat dipisahkan dari berbagai pihak dan seluruh elemen masyarakat, kondisi ini sejalan dengan arah dan kebijakan pembangunan nasional serta visi dan misi Presiden dan Wakil Presiden yaitu terwujudnya Indonesia yang berdaulat,mandiri, berkepribadian berlandaskan gotong royong,” kata Alue Dohong.

Secara bergantian sesuai kategori, pemberian Penghargaan Pemenang Lomba dan Apresiasi Wana Lestari Tingkat Nasional Tahun 2022 diumumkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan nomor SK.822/MENLHK/P2SDM/PEG.7/8/2022. Pemberian penghargaan berupa plakat berbentuk pohon tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar yang diwakilkan oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Alue Dohong dan disaksikan oleh Plt. Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM KLHK, Drs. Ade Palguna Ruteka serta seluruh tamu yang berhadir.

Sementara itu, Kadishut Provinsi Kalsel Hj. Fathimatuzzahra saat dihubungi melalui sambungan telepon mengucapkan selamat kepada pemenang.

Ia juga berharap, atas apa yang telah dicapai penyuluhan kehutanan selama ini bisa menjadikan kehutanan lebih baik lagi.

“Jadi juara bukanlah tujuan akhir dari lomba ini, namun standar dan kualitas penyuluhan kehutanan hendaknya selalu ditingkatkan dalam mencapai tujuan bersama, hutan lestari masyarakat sejahtera,” ujar Fathimatuzzahra.

Lebih lanjut perempuan yang akrab dipanggil bu Aya ini menjelaskan, prestasi ini tidak terlepas dari dukungan dan peran luar biasa dari Gubernur Kalsel Paman Birin. Karena Paman Birin telah memberikan perhatian dan kepeduliaan terhadap pembangunan kehutanan di Kalimantan Selatan.

Pada kesempatan ini juga, para teladan tingkat nasional melanjutkan kegiatan dengan berbagi pengalaman dan menjawab beberapa pertanyaan berkaitan dengan hal-hal yang melatar belakangi kiprah dan prestasi mereka dalam mendukung pembangunan kehutanan.

Diharapkan penghargaan ini dapat menjadi penyemangat dalam melakukan kegiatan pembangunanan kehutanan Kalsel serta menjadikan kehutanan Banua menjadi lebih maju dan berkembang.

Sebelum pemberian dan penyerahan penghargaan dilakukan, para peserta pemenang lomba dan penerima Apresiasi Wana Lestari tingkat Nasional Tahun 2022 terlebih dahulu mengikuti sidang Paripurna DPR RI – DPD RI secara virtual (tentative) yang juga dilaksanakan di Arboretum Ir. Lukito Dayadi, M.Sc Gedung Manggala Wanabakti. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here