Buka Diklat BLK Banjarbaru, Paman Birin Harap Tenaga Kerja Kalsel Tak Kalah Bersaing 

0
322

Jejakbanua.com, Banjarbaru – Gubernur Kalsel Sahbirin Noor membuka Diklat bagi pencari kerja berbasis kompetensi Angkatan II tahun 2022 di Balai Latihan Kerja (BLK) Banjarbaru, Senin (22/8/2022) siang. Sebanyak 80 siswa berhasil lulus tes mengikuti pelatihan BLK ini dari 249 pendaftar.

Paman Birin sapaan akrab Gubernur Kalsel menyemangati para peserta pelatihan agar jangan pengoler (jangan malas) untuk terus bergerak (berjuang gelorakan rakyat).

“Arti slogan bergerak maknanya agar kita jangan pengoler, terlebih lagi menyongsong Kalsel sebagai pintu gerbang IKN,” pintanya.

Sebagai gerbang IKN tentunya akan berdampak pada meluasnya kesempatan kerja di berbagai sektor khususnya sektor pariwisata, pertanian, perkebunan, perikanan dan lainnya. Untuk itu Paman Birin berharap tenaga kerja Kalsel jangan sampai kalah bersaing dengan tenaga kerja luar daerah. 

“Mari kita sambut IKN dengan meningkatkan kemampuan dan kompetensi tenaga kerja lokal guna memenuhi kebutuhan lapangan kerja ke depannya,” harap Paman Birin.

Diklat BLK Banjarbaru merupakan langkah nyata Pemprov Kalsel memenuhi ketersediaan tenaga kerja sekaligus upaya meningkatkan kualitas dan kompetensi.

“Kalau kalian berkualitas dan berkompetensi maka bukan kalian yang cari kerja tapi pekerjaan yang mencari kalian,” kata Paman Birin kepada siswa BLK.

Kepada pihak BLK, Paman Birin minta agar mengelola Diklat sebaik mungkin dan terus mengkaji kompetensi dan skill yang dibutuhkan dunia kerja agar dapat menghasilkan lulusan Diklat yang siap kerja.

Sementara Kepala BLK Banjarbaru M Yusfiansyah mengatakan pelatihan kerja yang diberikan kali ini adalah menjahit, operator mesin bubut, Service ringan sepeda motor, tata kecantikan, dan instalasi tenaga. “Setelah sebulan setengah Diklat mereka diberikan kesempatan magang di perusahan,” kata Yusfi.

Sementara Kadisnakertrans Kalsel Irfan Sayuti mengatakan dengan mengikuti Diklat BLK ini maka mereka diharapkan mampu bersaing di dunia kerja atau wirausaha. “Selain itu dengan tujuan Diklat untuk mengurangi jumlah pengangguran,” katanya.Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here