Jejakbanua.com, Banjarmasin – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menghibahkan dana sebanyak Rp 5,5 miliar untuk pembangunan sarana prasarana penunjang Mako Polda Kalsel di Banjarbaru tahun 2022.

Hal ini mengemuka pada saat rapat koordinasi tindak lanjut hibah dana tahun ketiga pemerintah provinsi dan kabupaten kota di Polda Kalimantan Selatan, Banjarmasin, Selasa (23/8) siang.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Roy Rizali Anwar mengatakan, pemberian dana hibah merupakan wujud nyata dukungan Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor dan seluruh Bupati dan Walikota se-Kalsel untuk kemajuan Polda Kalsel.

Disampaikanya, anggaran hibah ini berdasarkan proposal yang diajukan Polda Kalsel ke Gubernur dan Bupati Walikota se Kalimantan Selatan dalam rangka rekrutmen Bintara Polri dan pembangunan sarana prasarana.

Setelah ada proposal tersebut, kemudian dilakukan perjanjian kerjasama atau MoU antara Kapolda Kalsel dengan Gubernur dan Bupati Wali Kota yang menjadi dasar hibah ini dilaksanakan semalam 3 tahun.

“Hibah ini boleh dilaksanakan selama berturut turut karena ada proposal yang dilaksanakan selama 3 tahun, kemudian MoU. Kemudian Pemprov Kalsel juga sudah melakukan komunikasi dengan Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri yang membolehkan hal itu,” katanya.

Menurutnya, hanya naskah perjanjian hibah yang perlu dirubah setiap tahun.

“Tahun 2021 buat naskah perjanjian hibahnya dasarnya proposal, tahun 2022 seperti itu juga dan 2023 juga seperti itu, naskah perjanjian hibahnya yang diperbaharui setiap tahun,” katanya.

Sekda juga meminta kepada pemerintah kabupaten kota tidak ragu untuk menganggarkan dana hibah karena wilayah Polda Kalsel meliputi kabupaten kota.

Sementara itu, Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono mengatakan, untuk mendukung meningkatkan kinerja operasional dalam mewujudkan situasi kondusif maka diperlukan sarana prasarana yang memadai sehingga tugas Polri bisa dilakukan secara maskimal.

Kesuksesan Polri dalam melaksanakan tugas tidak terlepas dari dukungan pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat.

Dukungan tersebut merupakan aset utama bagi Polri untuk memberikan kinerja yang baik.

Wakapolda juga mengucapkan terima kasih sebesar besarnya kepada pemerintah daerah atas dukunganya yang memberikan dana hibah.

Menurutnya, pemberian dana hibah sudah berlangsung 3 tahun mulai dari tahun 2021 sampai tahun 2023. Pada tahun 2021 telah dialokasikan dana sebesar Rp 39 miliar untuk mendukung rekrutmen Bintara Polri. Dengan dana hibah tersebut Polda Kalsel dapat menambah kouta sebanyak 636 orang.

Kemudian pada tahun 2022 ini alokasi dana hibah digunakan untuk pembangunan sarana prasarana penunjang Mako Polda Kalsel di Banjarbaru.

Sedangkan danah hibah tahun 2023 nantinya direncanakan untuk meningkatkan sarana prasarana Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Polda Kalsel.

Menurutnya, kondisi SPN saat ini kurang memadai, dimana banyak bangunan yang telah rusak berat mengingat umur bangunan sudah cukup tua. (Syh/adpim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here