Jejakbanua.com, Banjarmasin – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQTingkat Nasional XXIX di Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2022 resmi dilaunching oleh Wakil Menteri Agama (Wamenag)  RI Dr Zainut Tauhid Sa’adi bersama Gubernur Kalsel Sahbirin  Noor dan Kakanwil Kemenag Kalsel HM Tambrin, Kamis (25/8/2022) di Mahligai Pancasila  Banjarmasin. Launching ditandai dengan penekanan tombol  dan disaksikan unsur Forkopimda Kalsel, Kepala  Kemenag se Kalsel, Sekda Kalsel,  perwakilan Bupati Walikota se Kalsel, Ketua LPTQ se Indonesia, dan lainnya.

Wamenag Zainut Tauhid Sa’adi mengatakan, pada MTQ Nasional kali ini penunjukan Provinsi Kalsel menjadi tuan rumah berdasarkan keputusan Menteri Agama nomor 442 tahun 2022 dengan berbagai macam pertimbangan.

“Penunjukan Kalsel sebagai tuan rumah tentu telah melalui berbagai pertimbangan, faktor persiapan transportasi dan akomodasi, serta sarana dan prasarana yang memadai, dukungan pendanaan dan dukungan kerja sama, serta karakteristik masyarakat Kalsel yang religius dan moderat,” katanya.

Selain itu Kalsel punya pengalaman menggelar MTQ Nasional pada 1970 dan STQ Nasional 2011.

Zainut Tauhid  juga mengapresiasi komitmen Gubernur Kalsel Sahbirin Noor untuk mensukseskan gelaran MTQ Nasional ke 29 ini. Ia berharap seluruh kementerian dan lembaga yang terlibat dalam pelaksanaan event akbar ini mampu berkerja sama dan bersinergi dengan baik. Berkoordinasi secara intensif dalam mempersiapkan komponen yang menjadi kebutuhan kegiatan.

Sementara itu, Gubernur Kalsel yang akrab disapa Paman Birin mengatakan, Kalsel tuan rumah MTQ Nasional  adalah sebuah kebanggan dan juga sebagai sejarah banua. “ Setelah lebih dari setengah abad lamanya, terakhir tahun 1970 Kalsel menjadi tuan rumah, oleh karena itu kepercayaan yang diberikan ini maka kami berkomitmen untuk memberikan yang terbaik tidak hanya membuat bangga warga Banua, tetapi juga membuat bangga Indonesia,” bebernya.

Paman Birin  mengatakan bahwa pada pelaksanaan MTQ tingkat Nasional di Kalsel akan diselenggarakan di tiga daerah yaitu Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru, dan Kota Banjarmasin, venuenya tersebar di berbagai tempat.

“Venue utama di Kiram Park Kabupaten Banjar, Masjid Agung Alkaromah Martapura, Masjid Bambu KH Abdul Qadir Hasan, Masjid Nurul Iman, aula serba guna Sabilal Muhtadin, Masjid Jami Banjarmasin, perkantoran Pemprov Kalsel, asrama haji, auditorium ULM Banjarbaru, Institut Agama Islam Martapura, dan Madrasah Tahfiz Darussalam Martapura,” sebut Paman Birin.

Pelaksanaan MTQ Nasional ke-XXIX yang akan dilaksnakan pada 10-19 Oktober 2022 tersebut mengambil tema “Dengan MTQ Nasional Kita Tingkatkan Kualitas SDM yang Unggul dan Qur’ani Untuk Mewujudkan Masyarakat yang Religius dan Moderat”. Ary 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here