Jejakbanua.com, Banjarbaru – BPSDMD (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah) Kalsel menggelar Pelatihan dasar (Latsar) CPNS Golongan III Angkatan XXI sampai XXVII dan Golongan II Angkatan VII sampai XVII lingkup pemerintah se Kalsel tahun 2022. Kegiatan Pelatihan diikuti sebanyak 720 CPNS dari Pemprov maupun pemerintah Kabupaten kota se Kalsel, berlangsung di Kampus I BPSDMD Kalsel Jl P Batur Timur Banjarbaru, Rabu (31/82022).

Pelatihan CPNS ini dibuka Gubernur Kalsel Sahbirin Noor diwakili Sekda Roy Rizali Anwar didampingi Kepala BPSDMD Kalsel Mujiyat.

Dalam arahannya, Gubernur melalui Sekda Kalsel meminta agar pelatihan dasar ini diikuti bukan cuma sebagai syarat untuk dapat SK PNS. “Tapi juga untuk bekal meningkatkan kemampuan dan kompetensi seorang CPNS sebagai abdi masyarakat maupun abdi negara,” harap Gubernur.

Ia meminta merenungkan kembali betapa sulitnya perjuangan untuk menjadi seorang CPNS melalui berbagai tahapan seleksi yang diikuti ribuan sarjana.

Terlebih lagi dengan kian ketatnya seleksi menjadi CPNS.

Diklat CPNS ini sebagai ujian bagi seseorang CPNS karena itu Gubernur Kalsel meminta agar peserta bersungguh sungguh mengikutinya karena bisa saja tak lulus.

Seorang aparatur sipil negara juga diminta tak cuma meributkan haknya tapi penuhi dulu tanggung jawab dan kewajibannya. “Karena menjadi seorang ASN itu memikul amanat rakyat,” pesan Gubernur Kalsel.

CPNS mengikuti Latsar ini diharap dapat memahami aturan birokrasi selaku pelayan masyarakat penyelenggara pemerintahan maupun pelaksana pembangunan.

Usai proses upacara pembukaan, dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Kepala BPSDMD Kalsel Mujiyat terkait tata etika dan kedisiplinan seorang CPNS  selama masa mengikuti Latsar tersebut. 

Kepala BPSDM Kalsel Mujiyat didampingi Kabid PKMF (Pengembangan, kompetensi, manajerial dan fungsional) Ahmad Bagyawan menyampaikan dari 720 peserta Latsar CPNS kali ini terdiri dari 280 CPNS golongan III dan 440 orang golongan II. “Untuk upacara pembukaan dihadiri 160 peserta sementara yang lainnya ikut secara daring melalui tempatnya masing – masing,” kata Mujiyat.

Mujiyat berharap, latsar ini sebagai langkah awal bagi CPNS untuk mengembangkan kemampuan agar mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here