Jejakbanua.com, Banjarmasin – Jajaran kepengurusan SMSI (Serikat Media Siber Indonesia) Kalsel periode 2020 – 2025 resmi dilantik bersamaan dengan pelantikan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) SMSI dan kepengurusan Milenial Cyber Media (MCM) di Aula Kayuh Baimbai Kantor Walikota Banjarmasin Sabtu (3/9/2022).

Prosesi pelantikan sekaligus pengucapan sumpah dipimpin oleh  Wakil Ketua SMSI Pusat Makali Umar. 

Adapun kepengurusan SMSI Kalsel diketuai  oleh Anang Fadhilah, sedangkan Ketua LBH SMSI adalah Siswansyah, dan Ketua MCM adalah Adam.

Para ketua yang dilantik juga menerima bendera petaka organisasi dari Wakil Ketua SMSI Pusat Makali Umar.

Prosesi pelantikan disaksikan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor yang diwakili Asisten administrasi umum Setdaprov Kalsel Subhan Nor Yaumil, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, perwakilan Danrem 101 Antasari, Polda Kalsel, unsur Forkopimda dan para mahasiswa serta perwakilan organisasi pers lainnya.

Usai pelantikan,  kegiatan dilanjutkan pemberian Award SMSI Kalsel kepada tiga tokoh publik yakni Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina dan Danrem Antasari Brigjen Rudi Puruwito.Pemberian Award disampaikan oleh Sekjen SMSI Pusat HM Nasir kepada tiga penerima atau yang mewakili.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor diwakili Asisten Administrasi Umum Subhan Nor Yaumil menyambut baik kehadiran organisasi SMSI Kalsel ini. Ia berharap keberadaan organisasi tersebut dapat mendukung kemajuan dunia pers di Kalsel khususnya di media siber.

Ia juga berpesan agar media online dapat menghadirkan pers yang bertanggung jawab dengan produk jurnalistik sesuai kaidah yang ditentukan. Diakuinya, media Siber atau online dapat menghadirkan berita dengan cepat dan jangkauan luas namun tentunya tetap memegang teguh kode etik jurnalistik dan pemberitaan berimbang.

“Apalagi saat ini internet tak hanya digunakan di kantor, sekolah  atau tempat publik,  tapi juga di rumah – rumah, karena itu media Siber berpotensi dalam penyampaian berita secara cepat dan update,” kata Subhan Nor Yaumil.

Sementara Makali Umar dalam sambutan menyampaikan  agar pengurus SMSI Kalsel dapat menjaga martabat organisasi sekaligus menjalankan roda kepengurusan sesuai AD ART yang telah ditetapkan. “Semoga kepengurusan dapat berjalan dengan baik dan sesuai amanah,” kata Makali Umar.

Ia pun memberikan apresiasi kepada  Pemko Banjarmasin khususnya Walikota Banjarmasin yang dapat memfasilitasi pelantikan di  Aula Kayuh Baimbai. “Ini pertama kalinya di daerah se Indonesia pelantikan pengurus SMSI dilaksanakan di gedung kantor pemerintah daerah, karena itu kami mengampaikan terima kasih kepada Walikota Banjarmasin Ibnu Sina,” kata Makali.

Ia pun mengajak pemerintah daerah di Kalsel dapat bermitra sekaligus bersinergi  dengan organisasi SMSI dalam pembangunan ke depan. “Karena pers adalah salah satu pilar pembangunan,” kata Makali Umar.

Selain itu SMSI adalah sebuah serikat media terbesar dunia karena jumlah anggota perusahaan media pers Siber yang dinaungi mencapai ribuan. Bahkan untuk itu SMSI mendapatkan rekor MURI atas anggota perusahaan media terbanyak di dunia. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here