Jejakbanua.com, Kandangan – Perpustakaan Keliling (Pusling) Palnam binaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel terus menggencarkan promosi minat baca dan literasi kepada masyarakat Banua.

Belum lama ini, tim Dispersip yang dipimpin oleh Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie diwakili Kepala Bidang Pelayanan dan Pembinaan Wildan Akhyar, menyasar Rumah Tahanan Negara Kelas II Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). 

“Pada kesempatan tersebut, kami turut menggandeng penulis sekaligus novelis Banua Efa Liana untuk berbagi pengalaman dan tips menulis kreatif,” kata Wildan melalui siaran pers Dispersip Kalsel, Banjarmasin, Selasa (20/9/2022).

Hadir pula dalam kegiatan tersebut, Kepala Seksi Layanan Tahanan Rutan, Lisna, yang menyambut baik atas kerja sama ini guna memberikan hak warga binaan untuk berkreativitas.

“Semoga nanti bisa menerapkan pengetahuan yang telah didapat, dan mengembangkan kreativitasnya agar dapat menambah dan menunjang pekerjaan mereka nanti,” tutur Lisna.

Selain di Rutan Kelas II Kandangan, Dispersip Kalsel turut mengerahkan perpustakaan keliling (pusling) menyasar beberapa sekolah di Kabupaten HSS, yang berlangsung hampir satu pekan. Diantaranya Madrasah Sanawiah Negeri HSS, Sekolah Dasar Negeri (SDN) Gambah Luar Selatan, SDN Jembatan Merah, SDN Gambah Dalam Darat 3, dan SDN Telaga Langsat.

Banyak guru dan kepala sekolah yang didatangi merasa senang, hingga berterima kasih atas dipilihnya lembaga pendidikannya.

“Anak-anak sangat senang, ini juga sangat bagus untuk menunjang pembelajaran dan pengetahuan mereka dengan dibawakannya buku-buku baru,” ungkap Kepala MTs Negeri 1 HSS, Ratnawati.

Ratnawati juga berharap, hal ini dapat dilakukan secara berkesinambungan, hingga dapat meningkatkan minat baca peserta didiknya. Ary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here