Minggu, Mei 26, 2024
BerandaHukumHaul Guru Sekumpul Ke 18, Puluhan Dapur Umum Didirikan Warga 

Haul Guru Sekumpul Ke 18, Puluhan Dapur Umum Didirikan Warga 

Jejakbanua.com, Martapura – Persiapan untuk menyukseskan Haul  ke-18 Guru Sekumpul atau KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani di rumah pribadi Gubernur Kalimantan Selatan, Paman Birin terus dilakukan.

Jadwal yang ada, kegiatan dilaksanakan di kediaman Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin di Jalan Kertak Baru, Kampung Kramat, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, saat Kamis, 26 Januari 2023.    

Sementara itu, Minggu (15/1), pertemuan digelar mengenai konsumsi dan dapur umum. Rencana, ada 35 dapur yang akan didirikan. 

Camat Martapura Timur, Guslan, Minggu (15/1/2023), membenarkan mengenai hal itu. “Tadinya 34, namun ada susulan satu, jadi total ada sekitar 35 dapur umum,” kata Camat Guslan, sebagaimana dilansir Banjarmasinpost.co.id. 

Dari sebanyak dapur umum itu, terkonsentrasi di 3 kecamatan, yakni Martapura Timur sebagai tempat, Martapura Kota  dan Martapura Barat. Masing masing Camatnya hadir dalam pertemuan itu.

Untuk yang di Gambut, memang ada dapur umum yang akan dikoordinasikan Guru Supian. Sedangkan di Cempaka dikoordinasikan oleh Guru Syarkawi.

Ada yang dikoordinasikan oleh tokoh agama dan ada yang langsung desa atau kelurahan,” imbuh Camat Guslan.

Untuk di wilayah Kecamatan Martapura Timur , sambung Guslan, ada 12 desa yang dilibatkan. 

“Jumlah total dapur umum di wilayah Kecamatan Martapura Timur ada 16 buah. Nanti akan didrop sebanyak 21 sapi di H-3. Beberapa hari ini dan ke depan akan disiapkan kayu bakar, bumbu dan lainnya,” ungkapnya. 

Masih kata Guslan, jika ada donatur dari masyarakat yang juga mau menyumbang konsumsi, maka dipersilakan. 

Bilamana ada warga yang ingin menyumbang, bisa dilaporkan ke panitia. Sebagaimana yang disampaikan Guru Wildan, silakan masyarakat menyumbang. Dimana saja dapur umumnya menyumbang, silakan,” ucap dia.

Diceritakan Guslan, pada saat rapat tersebut, juga doakan oleh Guru Wildan, semoga acara nanti berjalan sukses, lancar dan tidak hujan. “Kalau mau hujan, ga apa-apa paginnya, yang penting jangan malamnya,” lanjutnya. 

Sementara itu, Kepala Desa Dalam Pagar, Drs Asful Anwar, membenarkan bahwa di desanya juga terlibat kebagian dapur umum. 

“Kalau di Dalam Pagar Ulu, dapurnya yang biasa pada pelaksanaan Haul Datu Kelampayan juga. Dari 35 dapur pada pelaksanaan haul ini, Abdul Halim menjadi koordinatornya, sekaligus sebagai ketua pada dapur 8 Desa Dalam Pagar Ulu,” jelasnya. 

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments