Sabtu, Mei 25, 2024
BerandaHumaniora45 Dapur Umum Layani Konsumsi Jemaah Haul Guru Sekumpul ke 18 di...

45 Dapur Umum Layani Konsumsi Jemaah Haul Guru Sekumpul ke 18 di Kabupaten Banjar

Sebanyak 45 dapur umum siap menyediakan konsumsi bagi jamaah haul Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani atau Guru Sekumpul ke-18 yang dipusatkan di Desa Keramat Baru Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar.

Camat Martapura Timur Guslan di Martapura, Kamis mengatakan, puluhan dapur umum yang sudah dibuka sejak, Rabu (25/1) ditangani 5.442 relawan yang menyiapkan konsumsi bagi jamaah.

“Dapur umum yang jumlahnya 45 buah itu ditangani relawan sebanyak 5.442 orang. Mereka siap melayani penyediaan konsumsi bagi jamaah yang datang ke lokasi haul Kampung Keramat,” ujar camat.

Ia mengatakan, letak puluhan dapur umum itu tersebar di tiga kecamatan di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan yakni Kecamatan Martapura Martapura Barat, dan Kecamatan Martapura ibukota kabupaten Banjar.

Disebutkan, sebanyak 63 ekor sapi siap dimasak pada puluhan dapur umum itu termasuk 22 dapur umum yang berada di wilayah Kecamatan Martapura dengan jumlah sapi 33 ekor tersebar pada 13 desa.

“Dapur umum akan memasak daging sapi yang diperkirakan jumlahnya mencapai puluhan ribu bungkus nasi dan dibagikan kepada jamaah haul yang berada di pusat lokasi haulan maupun jamaah di luar,” ucap camat.

Dikatakan, relawan yang bersiap di posko-posko maupun dapur umum yang dibangun siap menyambut ribuan jamaah haul yang dipusatkan di kediaman pribadi Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin.

“Jamaah diperkirakan mencapai puluhan ribu bukan hanya berasal dari Kabupaten Banjar tetapi daerah lain di Kalsel dan seluruh Indonesia memperingati haul Guru Sekumpul,” sebutnya.

Sementara itu, pengamanan sangat ketat diberlakukan di pusat haul di rumah pribadi Gubernur Kalsel sejak Jumat pagi mengingat kehadiran Wakil Presiden RI Ma’aruf Amin yang mengikuti kegiatan religius itu.

“Soal kedatangan wapres, Insya Allah namun yang pasti kami sudah menyiapkan pengamanan sesuai SOP bersama Paspampres,” ujar Pangdam VI Mulawarman Mayjend Tri Budi Utomo di lokasi haul, Kamis.

Diperoleh informasi, jalur keluar masuk pusat haul dipasangi alat detektor dan panitia menyiapkan 7 unit mobil golf bagi tamu VIP dan VVIP, layanan kesehatan lengkap dan dokter spesial jantung.

Selain itu, juga disiapkan dermaga apung yang akan digunakan untuk menyambut tamu VIP yang datang melalui jalur Sungai Martapura termasuk dermaga bagi jamaah yang datang naik perahu bermesin.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments