Banjir di Martapura Timur, 15 Desa Terdampak 

0
573

Jejakbanua.com, Banjar – Sebanyak 613 rumah di 15 desa di Kecamatan Martapura Timur Kabupaten Banjar Provinsi Kalsel terdampak banjir akibat meningkatnya curah hujan belakangan ini. “Dari 20 desa di Kecamatan Martapura Timur ada 15 desa yang terdampak banjir baik rumah warga atau jalan yang terendam genangan air,” kata Camat Martapura Timur Guslan, kepada jejakbanua.com, Senin (6/2/2023) siang.

Selain merendam rumah dan jalanan, fasilitas publik seperti  sekolah SD dan SMP juga ada yang terendam air. Termasuk Kantor Polsek Martapura Timur.

Berdasar pantauannya, ketinggian air di jalanan antara 10 – 45 bervariasi. “Sementara ketinggian air di rumah yang terdampak banjir antara 5 – 10 sentimeter,” lanjutnya.

Guslan menyebut ada beberapa orang yang mengungsi ke rumah keluarga. Namun secara umum warga sudah terbiasa dengan kondisi banjir sehingga mereka tetap bertahan di rumah masing – masing.

“Bantuan sudah disalurkan ke berbagai desa terdampak yang membutuhkan baik dari BPBD Banjar maupun dari Lumbung Sosial yang didirikan Dinsos Kalsel bersama Kemensos RI di Martapura Timur,” kata Guslan.

Untuk lumbung sosial, stok makanan habis dibagikan tinggal ada logistik bantuan non makanan. “Kita akan laporkan ke Dinsos Kalsel nanti untuk pengisian logistik di lumbung sosial,” kata Guslan.

Terkait pendirian dapur umum apabila diperlukan pihak BPBD Banjar siap mendirikan bila memang diperlukan nantinya. Ary 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini