Rabu, Mei 29, 2024
BerandaHukumPelantikan Pengurus PII Kalsel, Paman Birin Ajak Tingkatkan Literasi Digital

Pelantikan Pengurus PII Kalsel, Paman Birin Ajak Tingkatkan Literasi Digital

Jejakbanua.com, Banjarmasin – Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Staf Ahli Bidang Pemerintahan Politik dan Hukum, Sulkan SH MM menghadiri pelantikan Pengurus Wilayah Pelajar Islam Indonesia (PII) Kalsel periode 2022 – 2024, Jumat (10/02/2023) di Gedung KNPI Kalsel di Banjarmasin. 

Ketua Umum PII Kalsel Bagas Hermawan bersama pengurus lainnya dilantik oleh Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri, Pengurus Besar PII, Abdul Kahar Ruslan dilanjutkan serah terima jabatan dari Rizky Fadillah selaku ketua di periode sebelumnya.

Gubernur dalam sambutannya, mendorong para kader PII untuk merapatkan barisan, bersatu membangun umat terutama generasi muda di Banua. 

“Tunaikan visi misi dan program kerja dengan niat tulus ikhlas dan semangat yang menyala dalam ikatan ukhuwah Islamiyah dan jalinan persaudaraan,” pesannya.

Paman Birin juga berharap, kehadiran PII di tengah masyarakat terutama kalangan muda dapat menjadi presentasikan karakter seorang pemuda muslim. Karakter yang sikap dan perbuatannya dilandasi oleh keimanan dan ketakwaan, karakter yang jujur dalam menebar kebaikan dan kebermanfaatan, selalu ingin belajar menjadi lebih baik dan tidak mudah putus asa. 

Namun diingatkan, tantangan yang dihadapi para pemuda terus mengalami penyesuaian mengikuti dinamika zaman. Salah satu tantangan kepemudaan saat ini terkait literasi digital dimana kemampuan mengakses internet termasuk sosial media, jika tidak diimbangi dengan etika pengetahuan dan kebijaksanaan, akibatnya terjadi penyebaran informasi ataupun ujaran kebencian yang tentu tidak sesuai dengan nilai-nilai Islam.

Dal hal ini, diharapkan kader PII dapat menanamkan pemahaman di kalangan muda bahwa internet dengan sosial medianya justru dapat menjadi ladang amal dan sarana berbuat hal-hal yang positif.

“Mantapkan dengan sebaik mungkin arah kerja PPI dalam mengkadesasi para pelajar Islam dan jadilah inspirasi dan penggerak dalam membentuk insan-insan berkepribadian, luhur, berorientasi pada nilai-nilai keislaman, berprestasi, dan berjiwa kepemimpinan,” pesan Paman Birin.

Sementara itu, Abdul Kahar mengatakan, kontribusi PII sejak bangkitnya terhadap masyarakat, sudah dibuktikan para kader.
Acara dirangkai dengan Seminar Pelajar bertema “Pelajar Bergerak – Pemuda Berdampak : Pelajar Berani Bersuara”.

Turut hadir dalam kegiatan, Ketua Dewan Penasehat PII Kalsel, KH Chairani Idris dan Sofwat Hadi yang merupakan Wakil Ketua PII Pusat, dan Kepala Bidang Urusan Agama Islam, Kementerian Agama Kalsel, Bukhari Muslim. sal/adpim

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments