Jumat, Juni 14, 2024
BerandaHumanioraBPBD Kalsel Bangun Lima Posko Pencegahan Karhutla 

BPBD Kalsel Bangun Lima Posko Pencegahan Karhutla 

Jejakbanua.com, Banjarbaru – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) membentuk sebanyak lima posko dalam

upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

“Setelah status siaga, kami bentuk lima posko dan disebar mengelilingi wilayah utama yaitu Bandara Syamsudin Noor,” kata Pelaksana Harian (Plh) Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kalsel Bambang Dedi Mulyadi didampingi Mansyah Korlap TRC BPBD Kalsel  di Banjarbaru, Sabtu (10/6/2023).

Ia menuturkan pembentukan lima posko tersebut dilakukan selain karena status siaga karhutla, juga karena kebakaran  lahan sudah teejadi di berbagai wilayah rawan seperti terbesar di Bati Bati Kabupaten Tanah Laut yang melanda 8 hektare lebih lahan.

“Dalam satu kejadian yang paling luas kebakaran di Kabupaten Tanah Laut kemarin melanda sekitar 8 hektare,” ucapnya.

Bambang menyebutkan Kota Banjarbaru masih menjadi daerah yang paling rawan kebakaran.

Ia memaparkan lima posko yang segera dibangun oleh pihaknya yakni di Kota Banjarbaru sebanyak 2 posko, Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah Laut dan Kabupaten Barito Kuala.

Menurutnya, empat kabupaten dan kota tersebut merupakan wilayah yang mengelilingi Ring 1 (rawan kebakaran) yakni Bandara Syamsudin Noor.

Pihaknya terus berupaya meningkatkan pengawasan karhutla di daerah rawan khususnya wilayah sekitar bandara.

Tim BPBD Kalsel menetapkan Kota Banjarbaru sebagai wilayah rawan karhutla dengan catatan mencapai 30 persen lebih luas lahan terbakar pada 13 kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan.

Bambang mengatakan total luas lahan yang terbakar di Kalsel saat ini sekitar 42 hektare.

Lebih lanjut dia menuturkan BPBD Kalsel dalam penanganan Karhutla dilaksanakan melalui koordinasi dengan BPBD kabupaten dan Kota.

Dia menyebutkan pula setelah seluruh informasi diperoleh oleh BPBD Kalsel, tim yang berjaga 1 x 24 jam mengambil peran utama untuk meneruskan segala informasi kepada tim untuk terjun kelapangan. Ary 

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments