Rabu, Mei 29, 2024
BerandaKomunitas KreatifPaman Birin Undang Bubuhan Banjar Sumsel Hadiri Harjad Kalsel Ke 73

Paman Birin Undang Bubuhan Banjar Sumsel Hadiri Harjad Kalsel Ke 73

Jejakbanua.com, Palembang – Tiba di Bumi Sriwijaya Provinsi Sumatera Selatan, Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau akrab disapa Paman Birin menghadiri acara pelantikan pengurus wilayah Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) Sumatera Selatan serta Halal Bihalal bersama warga Banjar bertempat di Aula Hotel Swarna Dwipa, Rabu malam (5/7) malam.

Disambut oleh Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, Paman Birin yang juga Ketua KBB Sedunia pun berjumpa dengan warga Banjar yang bermukim di Sumatera Selatan diiringi dengan Tari Tanggai.

Palembang ini adalah kota ketiga di Pulau Sumatera yang sudah didatangi Paman Birin untuk silaturahmi dan halal bihalal dengan warga keturunan Banjar.

Setelah sebelumnya, Paman Birin telah mendatangi Jambi dan Padang. Seperti biasanya pada kunjungan di provinsi lain, Paman Birin juga membawakan oleh-oleh wadai Bingka, Kue Lam serta kain sasirangan khas Kalimantan Selatan.

Ketua PW KBB Sumsel, Gustiyanto Mayaf, mengucapkan terima kasih atas kesediaan Paman Birin hadir dalam acara ini.

“Terimakasih atas kehadiran Gubernur Paman Birin di Sumatera Selatan. Kami warga Bubuhan Banjar disini sangat senang sekali,” kata Gustiyanto Mayaf.

Paman Birin dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas bantuan Gubernur Sumatera Selatan atas terselenggaranya KBB Sumsel.

Kemudian Paman Birin berharap dapat berkeliling daerah di Indonesia maupun luar negeri mengunjungi warga Banjar yang sedang merantau di luar Kalimantan Selatan.

Paman Birin juga berharap agar warga Banjar memiliki prinsip dimana bumi dipijak, disitu bumi dijunjung (jangan becakutan).

Selain itu juga, Paman Birin memperkenalkan tagline Bergerak, Berjuang Gelorakan Rakyat yang selama ini digelorakan untuk memberikan semangat agar tidak malas serta selalu berbuat untuk kesejahteraan rakyat.

Pada kesempatan itu pula, Paman Birin juga mengajak warga Banjar di Sumsel untuk datang pada peringatan Hari Jadi (Harjad) Provinsi Kalsel ke-73 pada 14 Agustus mendatang.

“Kami mengundang warga Banjar di Sumatera Selatan untuk bisa berhadir dalam rangkaian peringatan hari jadi dan Insya Allah akan kami adakan shalawatan akbar,” ungkap Paman Birin.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru yang juga sebagai pembina pengurus KBB Sumsel, menyebutkan Paman Birin merupakan sahabat beliau sehingga tidak ada keraguan untuk hadir dalam acara KBB Sumsel.

Menurut Herman Deru, banyak kesamaan budaya antara Kalsel dan Sumsel dari budaya, bahasa sampai kulinernya merupakan ukhuwah yang terjalin baik antara Kalsel dan Sumsel.

Diakhir acara seperti biasa Guru Supian Al Banjari mengisi tausiyah bagi para warga Banjar di Sumsel.

Pada kegiatan silaturahmi KBB di Sumatera Selatan, tampak hadir mendampingi Paman Birin Staf Khusus Rizal Akbar, Achmad Maulana dan Taufik Arbain yang sekaligus Sekjen KBB Sedunia serta Rusbandi, pengurus KBB Sedunia.

Selain itu juga hadir beberapa pejabat Pemprov Kalsel seperti Kepala BPSDM Mujiyat, Kadis Satpol PP Zakly Asswan, Kadinkes dr.Diauddin, Kadis PUPR Ahmad Solhan, Kepala DP3A Adi Santoso, Kepala Biro Umum Rospana Sofian dan Kepala Biro Adpim Berkatullah. (dev/adpim)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments