Cegah Karhutla, BPBD Kalsel Mendata Pemilik Lahan Nganggur

0
194

Jejakbanua.com, Banjarbaru – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kalimantan Selatan (BPBD Kalsel) menggandeng Badan Pertanahan Nasional (BPN) Banjarbaru untuk mendata kepemilikan lahan yang kosong atau nganggur guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Kepala BPBD Kalsel Raden Suria Fadliansyah  didampingi Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bambang Dedi Mulyadi menuturkan langkah tersebut untuk mengajak para pemilik lahan dapat berpartisipasi aktif mencegah kebakaran lahan yang dapat menyebabkan bencana kabut asap.

“Hingga saat ini upaya penanggulangan masih kita lakukan, kita sudah berkoordinasi dengan BPN agar mendata para pemilik lahan khususnya di wilayah Ibu Kota Kalsel,” kata Suria usai pelaksanaan Rapat Koordinasi dan Konferensi Pers Penanggulangan Bencana di Banjarbaru, Senin (18/9/2023).

Dia menyebutkan dalam beberapa waktu, kabut asap masih menyelimuti Ibu Kota Kalsel yakni Banjarbaru.

“Setiap hari kita lakukan pembasahan lahan, meskipun lahan tetap terbakar, tetapi upaya pembasahan lahan itu mampu meminimalisir luas yang terbakar,” ucapnya.

saat ini petugas konsentrasi terhadap penanggulangan karhutla di area prioritas yakni di Bandara Syamsudin Noor Kota Banjarbaru untuk memastikan penerbangan udara tidak terganggu akibat kabut asap.

Dia mengungkapkan status siaga karhutla masih berlaku hingga November mendatang, hal itu sesuai dengan prakiraan cuaca dari BMKG terkait musim kemarau masih terjadi di wilayah Kalsel dalam kurun waktu dua bulan ke depan.

Sementara itu, Kasi Survei Pemetaan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor Pertanahan Kota Banjarbaru Muis Gozali mengatakan sudah menyurvei sekitar 46 hektare kepemilikan lahan yang terbakar.

Dia menuturkan saat ini masih dilakukan pendataan lebih lengkap di beberapa titik lokasi yang berpotensi terjadi karhutla.

“Yang terbakar didominasi lahan kosong dengan semak belukar yang cukup banyak,” ujar Muis. Ary

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini