Elang Hitam Di Desa Pelajau Batu Mandi Dievakuasi

0
213

Jejakbanua.com, Paringin – Tim Konservasi KPH Balangan Dinas Kehutanan Kalsel melakukan giat Evakuasi Satwa yang dilindungi jenis Elang Hitam di Desa Pelajau Kecamatan Batu Mandi Kabupaten Balangan, Rabu (01/11/2023) lalu.

Bermula dari laporan warga terkait adanya satwa tersebut, KPH Balangan menurunkan Tim Konservasi untuk  mengevakuasi guna menghindari hal yang tidak diinginkan.

M. Emir Faisal atau biasa disapa Emir selaku Kasi Perlindungan mengatakan “Tim segera kita arahkan menuju lokasi untuk kita akan amankan terlebih dahulu,”

Tim Konservasi KPH Balangan segera bergerak menuju lokasi untuk mengevakuasi satwa yang pada saat itu dibawa ke rumah warga di Desa Pelajau. 

Setelah diperiksa kondisi fisik Elang dalam kondisi sehat, Tim segera membawa ke kantor KPH Balangan.

Gusti Hairil Imtihan selaku Ketua Tim Konservasi menuturkan “Alhamdulillah, satwa berhasil kita Evakuasi dan kita bawa ke kantor dulu untuk mengamankan satwa dari hal-hal yang bertentangan dengan peraturan” pungkasnya. 

Setelah dilakukan evakuasi ke Kantor, Kasi Perlindungan KPH Balangan langsung berkoordinasi dengan pihak BKSDA via telepon untuk menginformasikan perihal Evakuasi satwa dilindungi tersebut.

Perlu diketahui jenis satwa Elang Hitam merupakan salah satu dari jenis satwa yang dilindungi, hal tersebut termuat di dalam Peraturan Menteri LHK.

Dengan adanya kegiatan Evakuasi diharapkan jenis Fauna yang dilindungi dapat terjaga dari kepunahan untuk generasi mendatang.(kphbalangan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini