Jumat, Februari 23, 2024
BerandaHumanioraDinsos Kalsel Latih Tagana Muda

Dinsos Kalsel Latih Tagana Muda

Banjarmasin, jejakbanua.com – Pemprov Kalsel melalui Dinas Sosial  melaksanakan pelatihan Kebencanaan berbasis Masyarakat, yaitu Pemantapan Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Muda, Jumat (1/12/2023) di Banjrmasin.

Plt Kepala Dinas Sosial Prov Kalsel Muhammadun melalui Kabid Sekretaris Dinsos Murjani pada pembukaan kegiatan tersebut mengatakan melatih kesiapan personil Tagana dalam menghadapi bencana. “Pemantapan TAGANA Muda merupakan suatu upaya untuk memberdayakan dan mendayagunakan generasi muda dalam berbagai aspek penanggulangan bencana, khususnya yang berbasis masyarakat,” katanya.

“Anggota Tagana Kalimantan Selatan berjumlah kurang lebih 600 orang dari 1.200 sejak dibentuk pertama kali tahun 2004 lalu yang selalu siap siaga dalam menghadapi bencana yang terjadi, kalian akan mengawal Kawasan Siaga Bencana, Kampung Siaga Bencana, Lumbung Sosial,” ucap Murjani.

Adapun Di Kalsel telah dibentuk Kawasan Siaga Bencana (2 Kabupaten dan 19 Kecamatan), Kampung Siaga Bencana (22 KSB di 10 Kabupaten dan Kota), Lumbung Sosial (30 lokasi di 10 Kabupaten dan Kota).

Sementara itu, Kabid Penanganan Bencana Dinsos Kalsel H Achmadi mengatakan. Peserta pemantapan Tagana Muda ini sebanyak 100 orang dari 13 Kabupaten/Kota se Kalimantan Selatan serta Satuan Tugas Pramuka Peduli Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Selatan. 

“Kegiatan diadakan dua angkatan yaitu Angkatan 1 mulai 1 sd 3 Desember 2023  dan angkatan 2 mulai 5 sd 7 Desember 2023,” kata Achmadi.

Adapun materi pelatihan yang diberikan  kepada para Tagana Muda pertama pembuatan  Shelter, PPGD, pendirian dapur umum, proses evakuasi korban bencana alam, pendataan korban bencana alam dan logistik. Ary 

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments