Minggu, Mei 5, 2024
BerandaEkonomi & BisnisPerkawinan Anak Dituding Picu Angka Stunting Kalsel Tinggi

Perkawinan Anak Dituding Picu Angka Stunting Kalsel Tinggi

Banjarbaru, jejakbanua.com – Masih tingginya Angka stunting (gagal tumbuh pada anak dibawah dua tahun) di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) diduga erat kaitannya dengan perkawinan anak. Kepala Kantor Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalsel, Ramlan, mengungkapkan bahwa dari data yang ada, tingginya angka stunting di Kalsel bukan saja disebabkan oleh faktor kemiskinan, tetapi juga  karena akibat masih tingginya angka perkawinan anak. “Jika di daerah lain, kemiskinan menjadi penyebab stunting, maka di Kalsel berbeda, karena angka kemiskinan di Kalsel  salah satu terendahdi Indonesia,” ujar Ramlan saat memberikan pemaparan dalam peluncuran program Paman Mahaga Stunting di Gedung Idham Chalid Banjarbaru, Kamis (30/11/2023).

Kasus perkawinan anak berusia di bawah umur 19 tahun di Kalimantan Selatan tergolong tinggi, meskipun telah mengalami penurunan signifikan pada tahun 2022. 

Ia mengatakan, kemungkinan anak stunting lahir dari perkawinan anak. “Rahim seorang perempuan itu kan baru siap dibuahi pada usia minimal 20 tahun, kalau pada anak ada janin yang tumbuh di perutnya, terjadi rebutan nutrisi. Itulah akibatnya anak yang lahir darinya jadi stunting,” ungkap dia.

Selain perkawinan anak, faktor lain yang menjadi penyebab adalah kesalahan pola asuh anak, sistem sanitasi dan lingkungan yang kurang baik. “Di beberapa kabupaten/kota di Kalsel, kawin anak masih tinggi, faktor utama itu ditambah dengan faktor lain,” ujar dia.

Ramlan menambahkan, angka stunting di Kalsel masih tinggi walaupun terjadi penurunan persentasenya pada tahun 2022. Jika pada tahun 2021, stunting di Kalsel masih berada di angka 30 persen, maka tahun 2022 turun menjadi 24, 6 persen. “Target Pemprov Kalsel pada tahun 2024 turun menjadi 14 persen,” ungkapnya. Ary

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments