Eksotisme Hutan Kahung, Pohon Raksasa Hingga Beruang Madu  

0
214

Jejakbanua.com, Banjar – Hutan Hujan Tropis Kahung berlokasi di Desa Belangian, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar Provinsi Kalsel.  Hutan yang menjadi situs Geopark Meratus ini merupakan salah satu hutan tersisa yang memiliki kerapatan tutupan pohon yang tinggi di sepanjang pegunungan Meratus. 

Eksotisme hutan Kahung, punya wisata  air terjun lembah Kahung dan gunung Kahung dengan ketinggian 1456 MDPL. Menjelajahi hutan Kahung masih bisa menemukan satwa liar endemik kalimantan seperti beruang madu, monyet merah dan hitam, cacing kepala martil, spesies katak dan ular, dan berbagai jenis burung langka. Hutan Kahung juga menjadi rumah ratusan pohon berdiameter besar, mulai pohon binuang pohon meranti, mawai, beringin, rawali, serta beberapa jenis anggrek dan jamu (tudung pengantin). 

“Beruang madu punya jalur makanannya sendiri saat mencari makan, beruang jarang lewat di jalur yang sering dilewati manusia, kecuali kita masuk hutan yang melewati jalur makanannnya maka kita akan bertemu,” kata Rahman warga Desa Belangian kepada Jejakbanua.com.

Wilayah Hutan Kahung yang tersusun atas beberapa produk batuan hasil kejadian bumi (geologi) yang berasal dari Kelompok Batuan Ultramafik yang berumur 180-135 juta tahun yang lalu (Jura Tengah-Akhir), Kelompok Diorit yang berumur 143-157 juta tahun yang lalu (Kapur Awal), dan Kelompok Basal yang berumur 59-65 juta tahun yang lalu (Kapur Akhir) yang dapat dijumpai sepanjang perjalanan. Beberapa fenomena alam kejadian bumi (geologi) seperti batuan yang beragam, juga terdapat patahan/sesar dengan jenis sesar mendatar yang merupakan hasil dari proses Pembentukan Pegunungan Meratus. Sesar tersebut dapat dijumpai disepanjang sungai menuju kawasan hutan, serta pada bagian puncak terdapat Air Terjun Lembah Kahung yang tersusun oleh batuan basal berstruktur bantal dan Gunung Kahung dengan ketinggian sekitar 1,456 meter diatas permukaan laut. Ary

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini