Tanpa Honor, Jumlah Pekerja Sosial Masyarakat Di Kalsel Belum Ideal

0
126

Jejakbanua.com, Banjar – Kepengurusan  IPSM (Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat) Provinsi Kalsel masa Bakti 2023 – 2028 resmi dilantik Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin di Kiram Park Kabupaten Banjar, Sabtu (16/12/2023). IPSM merupakan wadah organisasi para pekerja sosial.

Ketua IPSM Provinsi Kalimantan Selatan Gandes Pratiwi usai dilantik mengatakan saat ini tercatat ada 850 pekerja sosial masyarakat di Kalsel. “Masing – masing di kabupaten kota juga ada kepengurusan IPSM,” kata Gandes Pratiwi.

Dengan jumlah anggota PSM saat ini menurut Gandes, masih belum ideal karena seharusnya di satu desa/kelurahan ada satu pekerja sosial masyarakat. “Idealnya sekitar 2 ribu lebih karena tugas PSM ini di desa/kelurahan, jadi dalam satu desa/kelurahan seharusnya ada satu PSM,” kata Gandes yang juga Kasi pemberdayaan potensi kesejahteraan sosial dan kelembagaan sosial Dinsos Kalsel ini.

Para pekerja sosial masyarakat ini sifatnya adalah relawan sosial jadi mereka tak ada mendapatkan insentif atau honor dari manapun. “Mereka adalah relawan yang punya kesadaran membantu masyarakat dalam menghadapi permasalahan sosial,” kata Gandes.

Tugas PSM adalah juga memfasilitasi dan mengadvokasi masyarakat kebutuhan masyarakat terkait pelayanan kesejahteraan sosial.

Dengan pelantikan pengurus IPSM ini, Gandes berharap pihaknya dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam penanganan masalah sosial di masyarakat. 

“PSM Kalsel ini sangat  menjadi mitra pemerintah khususnya Dinas Sosial, dalam menyiasati langkah pembangunan kesejahteraan sosial,” pungkas Gandes. Ary 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini