Rabu, Mei 22, 2024
BerandaEkonomi & BisnisSamsat Banjarbaru Cetak Rekor Pendapatan Pajak 2023

Samsat Banjarbaru Cetak Rekor Pendapatan Pajak 2023

Jejakbanua.com, Banjarbaru – UPPD Samsat Banjarbaru mencetak rekor pendapatan pajak pada tahun 2023. Tercatat hingga Rabu (27/12/2023), pendapatan pajak di Samsat Banjarbaru sudah mencapai Rp 201 miliar.

“Target pendapatan pajak di Samsat Banjarbaru Rp 185 M namun hingga saat ini sudah realisasi pajak sudah Rp 201 M, artinya sudah lebih dari Rp 15 M dari target,” kata Kepala UPPD Samsat Banjarbaru Pengayom Bayu Aji, Kamis (28/12/2023) di Kantor Samsat Banjarbaru.

Realisasi pendapatan pajak tersebut merupakan rekor baru sepanjang sejarah Samsat Banjarbaru. “Realisasi pendapatan senilai Rp 201 M ini tertinggi selama ini di Samsat Banjarbaru, dulu pernah kisaran Rp 195 M,” kata Bayu Aji.

Peningkatan Pendapatan pajak diantaranya terdiri dari PKB (pajak kendaraan bermotor) dari target Rp 108 M  menjadi Rp 110 M, BBNKB dari target Rp 72 M menjadi Rp 86 M. Kemudian Pendapatan  lainnya Rp 250 juta menjadi Rp 266 juta, serta sumber pendapatan lainnya.

Dengan hasil realisasi pendapatan pajak 2023 ini, Samsat Banjarbaru ingin dana bagi hasil yang lebih.

“Karena  pendapatan yang didapat akan dibagi ke Pemko Banjarbaru sekitar 30 persen, Mudahan dengan  meningkatnya pendapatan pajak ini menjadi pemicu pembangunan di kota Banjarbaru,” ujar Bayu Aji.

Ia menilai ada berbagai faktor yang membuat pendapatan pajak di Samsat Banjarbaru tersebut meningkat. “Dari data kita ada peningkatan pembelian kendaraan bermotor baik roda dua dan empat, ini mungkin efek peningkatan perekonomian akibat dari perpindahan ibukota Provinsi Kalsel ke Banjarbaru,” kata Bayu Aji.

Selain itu ia mengapresiasi  bahwa rata rata warga Banjarbaru taat pajak. “Sekitar 80 persen warga Banjarbaru itu sadar  pajak,” ungkap Bayu Aji. 

Pelayanan pajak Samsat Banjarbaru selain di kantor layanan  induk juga ada di Mal Pelayanan Publik, dan Samsat Mobile.

Pengayom Bayu Aji berpesan kepada warga Banjarbaru agar melaporkan kendaraan bermotor yang sudah tak digunakan atau telah rusak. “Sehingga kita bisa menghapus datanya sebagai piutang pajak,” katanya. Ary

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments