Rabu, Mei 22, 2024
BerandaHukumDinsos Kalsel Gelar Tagana Masuk Sekolah

Dinsos Kalsel Gelar Tagana Masuk Sekolah

Banjarmasin, Jejakbanua.com – Dinsos Kalsel menggelar program Tagana Masuk Sekolah (TMS) sebagai upaya mengedukasi para siswa dalam rangka mengantisipasi akan bencana gempa bumi yang belakangan kerap terjadi di wilayah Kalsel.   “Kegiatan bakal kta gelar mulai Maret 2024 berupa  Program Tagana Masuk Sekolah,” kata Kabid Kebencanaan Dnsos Kalsel H Achmadi, Selasa (5/3/2024) kepada jejakbanua.com.

Kegiatan digelar pada 5 Maret 2024 di SMA 1 Martapura dan MAN 4 Martapura dan pada 6 Maret 2024 di SMP 1 Martapura dan SDN Jawa Martapura.

Materi yang diberikan selain terkait bencana gempa juga mitigasi dalam menghadapi bencana  banjir dan angin puting beliung. 

Menurut Achmadi, program ini bertujuan mengedukasi kepada anak-anak sekolah yang pada waktu siang hari mereka lebih banyak berada di sekolah. “Sehingga kami mengkhawatirkan kalau terjadi gempa bumi di saat jam belajar yang bisa mengakibatkan bangunan rawan runtuh,” ujar Achmadi.

Dinsos Kalsel  bakal memberikan  edukasi pada siswa sekolah bagamanana melakukan perlindungan diri apabila terjadi bencana gempa bumi. “kegiatan ini dilaksanakan di sekolah yg 3/4 waktu anak2 berada di sekolah dan mereka harus diberikan pelatihan bagaimana untuk SELAMAT dalam bencana khsusnya bencana gempa bumi,” kata Achmadi.

H Achmadi mengatakan, wilayah aman dari gempa bumi di Kalimantan Selatan, sudah dicabut dan ini harus menjadi perhatian bersama karena beberapa hari terakhir ini sudah terjadi gempa bumi di Kalimantan Selatan.

Ditegaskannya, yang pertama dilakukan dengan memberikan edukasi kepada masyarakat dan merancang bangun kegiatan penyelematan diri untuk pengurangan resiko bencana, karena ini dianggap barang baru yang sebelumnya tidak pernah terjadi gempa bumi. Ary

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments