Sabtu, Mei 25, 2024
BerandaHukumPaman Birin Serahkan Anggaran Bantuan Penanganan Bencana dan Sosial Dinsos Kalsel 

Paman Birin Serahkan Anggaran Bantuan Penanganan Bencana dan Sosial Dinsos Kalsel 

Jejakbanua.com, Banjarbaru – Tingkatkan kemampuan penanganan darurat  korban bencana alam, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menyerahkan secara resmi anggaran penanganan kebencanaan kepada Dinsos (Dinas  Sosial) Kalsel, Sabtu (20/4/2024) di Kiram Kabupaten Banjar. Bantuan diterima oleh Plt Kadinsos Kalsel melalui Kabid Penanganan Bencana H Achmadi disela kegiatan halal bi halal Gubernur Kalsel Paman Birin dan Acil Odah bersama keluarga besar Dinas Sosial dan Dinas Pendidikan dan kebudayaan (Disdikbud) Kalsel.

Adapun bantuan diserahkan berupa anggaran kendaraan operasional kebencanaan sekitar Rp 3,6 M serta bantuan sosial lainnya sekitar Rp 14 M lebih.

Kabid Penanganan Bencana  H Achmadi usai penyerahan anggaran bantuan mengatakan anggaran  bantuan sosial dan kebencanaan tersebut berasal APBD Kalsel 2024. Untuk anggaran kendaraan operasional kebencanaan, digunakan untuk pembelian kapal cepat Sea Rider. Kapal seharga Rp1,7 miliar ini diperuntukkan Taruna Siaga Bencana (Tagana).

Dinsos Kalsel juga membeli sebuah mobil rescue tactical seharga Rp495 juta dan mobil dapur umum lapangan modern senilai Rp1,47 miliar.

“Semua kendaraan tersebut digunakan sebagai penunjang penanganan bencana,” ungkap H Achmadi

Sea Rider tidak hanya mengantar bantuan logistik kepada korban bencana. Kapal yang biasa digunakan marinir TNI Angkatan Laut ini dpat dipergunakan mengevakuasi korban bencana yang sulit dijangkau transportasi darat.

Sementara mobil dapur umum lapangan modern akan memudahkan anggota Tagana menyediakan makanan untuk korban bencana.

“Oleh karena sudah modern, petugas tak perlu lagi mengaduk nasi secara manual.  Semuanya sudah otomatis dan menggunakan produk-produk digital,” papar Achmadi.

Adapun mobil rescue tactical berfungsinya menembus kondisi berlumpur, offroad dan berair.

“Untuk mengoperasionalkan semua armada terbaru, personel Tagana sudah dibekali beragam keahlian. Beberapa di antaranya telah diberangkatkan ke Jakarta untuk mengikuti pelatihan khusus,” tutup Achmadi.
Selain menyerahkan bantuan sosial dan kebencanaan, Paman Birin dan Acil Odah dalam kegiatan halal bi halal itu juga menyerahkan anggaran bantuan bidang pendidikan senilai miliaran rupiah. Ary

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments