Rabu, Mei 22, 2024
BerandaHukumModus Duplikat Kunci, Residivis Curi Mobil Teman Di Parkiran THM Banjarmasin

Modus Duplikat Kunci, Residivis Curi Mobil Teman Di Parkiran THM Banjarmasin

BANJARMASIN – Pria berinisial NY (37) diringkus Sat Reskrim Polresta Banjarmasin karena melakukan aksi pencuri sebuah mobil milik seorang perempuan berinisial WRN (42).

Aksi pencurian tersebut dilakukan dengan modus menduplikasi kunci.

Kasat Reskrim Polresta Banjarmasin Kompol Thomas Afrian di Banjarmasin mengungkapkan bahwa korban merupakan warga Kabupaten Tanah Laut itu merupakan eks nasabah pelaku sewaktu bekerja pada sebuah perusahaan pembiayaan sekaligus teman.

“Karena ada hubungan pertemanan sehingga dengan mudah mengelabui korban,” jelasnya Kamis, (02/05/2024) sore.

“Pelaku ditangkap di Jalan Handil Bakti Semangat Dalam (Kabupaten Barito Kuala), pada Rabu (1/5) sekitar pukul 19.30 WITA. Sementara saat pencurian terjadi di Jalan P Antasari, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin pada Jumat (26/4/2024),” lanjut Kasat Reskrim.

Kompol Thomas menjelaskan kronologis tindak pidana pencurian dengan pemberatan tersebut bermula pada Kamis (7/3) sekitar pukul 10.00 WITA pelaku meminjam kendaraan korban. Karena ingin memiliki mobil itu, pelaku menduplikasi kunci mobil sebelum mengembalikan barang tersebut kepada korban.

“Setelah berhasil menggandakan kunci, pelaku beberapa kali mengajak korban ke tempat hiburan untuk mencari kesempatan membawa kabur mobil, namun pelaku selalu gagal mengeksekusi kendaraan,” ujar dia lagi.

Hingga akhirnya, lanjut dia, pada Jumat (26/4) sekitar pukul 23.00 WITA pelaku dan korban bertemu di salah satu tempat hiburan malam di Kota Banjarmasin dan bertegur sapa, pelaku menyadari memiliki kesempatan dan bergegas pulang ke rumah mengambil kunci duplikat dan segera menuju parkiran di tempat kejadian perkara (TKP).

Selanjutnya pelaku yang merupakan residivis dengan kasus curanmor itu kemudian membawa kabur mobil milik korban dan menyembunyikan sementara di bawah Jembatan Pangeran, Kecamatan Banjarmasin Utara.
Setelah itu kembali ke tempat hiburan malam. Korban kebingungan saat menemui mobil tidak ada di parkiran. Kemudian pelaku berpura-pura iba.

Lebih lanjut, kata Thomas, pelaku melapor ke Polresta Banjarmasin pada keesokan hari tepatnya Sabtu (27/4), personel gabungan langsung menyelidiki dan menemukan barang bukti disembunyikan di bawah jembatan.
Thomas menuturkan pelaku juga mengakui bahwa dirinya seorang pemakai narkoba, saat menyembunyikan barang bukti, pelaku parno atau kebingungan dan langsung membuang plat nomor kendaraan barang bukti.

Polresta Banjarmasin juga mengungkap fakta bahwa pelaku memiliki banyak plat kendaraan roda dua dan roda empat dengan nomor polisi berbeda-beda yang disimpan di rumah kediamannya.

Adapun sejumlah barang bukti yang turut amankan, di antaranya satu unit mobil Honda Jazz warna merah tahun 2019 tanpa nomor polisi, kunci duplikat, STNK, rekaman CCTV, topi, baju kemeja, dan celana panjang.

“Kami masih mendalami terkait dengan banyaknya plat kendaraan yang disimpan pelaku. Apakah nantinya ini mengarah lagi dengan tindak pidana lain, atau bahkan ada korban lain, penyidik masih mengembangkan kasus ini,” tutup Kasat Reskrim.

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments