Acil Odah Hadiri HUT Dekranas dan PKK di Solo

0
15

Jejakbanua.com, Surakarta – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kalimantan Selatan, Hj Raudatul Jannah Sahbirin atau yang akrab disapa Acil Odah menghadiri rangkaian HUT Dekranas RI ke-44 dan Hari Kesatuan Gerak PKK yang berpusat di Hotel Alila, Solo, Jawa Tengah pada Rabu (5/15)

Sehari sebelumnya, pada Selasa (14/5) malam, bertempat di Pracima Tuin Pura Mangkunegaran itu, kgiatan Acil Odah diawali dengan menghadiri welcome dinner yang juga dihadiri oleh Ibu Iriana Joko Widodo, Ibu Wury Ma’ruf Amin, serta para anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) serta tamu undangan yang lainnya.

Selanjutnya, pada Rabu (15/5) Acil Odah kemudian menghadiri Pembukaan HUT Dekranas RI ke-44 yang dibuka oleh Ibu Iriana Joko Widodo, sebagai Pembina Dekranas, dengan prosesi pemukulan gong dan pemotongan tumpeng.

Ketua Dekranas, Ibu Wury Ma’ruf Amin mengatakan selama 44 tahun ini Dekranas menjadi tonggak dalam pengembangan kerajinan dan produk kekayaan Indonesia untuk bisa dilirik di mata internasional. Ia meminta para pelaku usaha terus adaptif, menjaga kualitas produk, dan terus memperluas jaringan pemasaran.

“Namun perjalanan ini bukan berarti tanpa hambatan. Hari ini kita menghadapi berbagai dinamika yang menuntut kita untuk terus berinovasi, berkolaborasi, dan beradaptasi dengan kondisi ekonomi global yang sedang berlangsung yang menjadi ujian bagi kita semua. Tetapi juga merupakan peluang dengan kreativitas dan keuletan,” sampai Wury.

Kegiatan ini dihadiri seluruh Ketua Dekranasda Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Masih di hari yang sama, Acil Odah kemudian menghadiri parade mobil hias dan kirab budaya Dekranas 2024 yang dilepas oleh Ibu Iriana Joko Widodo didampingi Ibu Wury Ma’ruf Amin, OASE KIM dan Istri Walikota Solo, Selvi Gibran.

Duduk di barisan kursi paling depan, terlihat Acil Odah sangat antusias melambaikan tangannya kepada peserta kirab budaya dari Kalsel, yang menggunakan beragam baju adat khas Kalsel lengkap dengan iringan musik tradisional.

Pada kegiatan ini, Dekranasda Provinsi Kalsel turut berpartisipasi dengan menampilkan mobil hias Mesjid Bambu khas Kalsel dilengkapi dengan hiasan seperti boneka bekantan, satwa endemik Kalsel yang terlihat bergantung pada pohon hiasan.

Acil Odah pun tak lupa berfoto bersama mobil hias Dekranasda Kalsel.

Belum usai, rencananya pada Kamis (16/5), Acil Odah direncanakan juga akan meninjau stand Dekranasda Kalsel yang juga berpartisipasi pada Expo di Pura Mangkunegaran.

Diketahui, expo ini diikuti 257 stand kerajinan kebanggaan Indonesia, stand kuliner nusantara, dan layanan konsultasi pembinaan bagi para perajin, serta panggung hiburan musik yang diisi artis ternama. (ran/adpim)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini