Harjad Kalsel Ke 74 Diisi Even Tingkat Nasional Hingga Peresmian

0
47

Jejakbanua.com, Banjarbaru – Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor atau Paman Birin melalui Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar memimpin rapat persiapan Peringatan Hari Jadi ke- 74 Provinsi Kalsel Tahun 2024 di ruang rapat Ruang Rapat Aberani Sulaiman, Kantor Gubernur Kalsel pada selasa (21/5).

Rapat tersebut membahas berbagai hal terkait persiapan harjad Kalsel, termasuk rangkaian acara dan lokasi perayaan.

Diketahui, ada 2 alternatif lokasi yang diusulkan adalah Taman Siring 0 Km Banjarmasin dan Kantor Gubernur Kalsel di Banjarbaru.

Selain peresmian Tugu Nol Kilometer, pada rangkaian Hari Jadi Kalsel ke-74 juga akan dilakukan penandatanganan prasasti Masjid Seykh Muhammad Arsyad Al Banjari, Jalan Alternatif Banjarbaru-Batulicin, dan GOR Paman Birin.

Hari Jadi Provinsi Kalsel Ke-74 akan dirangkai dengan beberapa even yaitu HUT Republik Indonesia, Festival Wisata Budaya Terapung, dan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV, Geopark Great Culture Carnival.

Dalam rapat tersebut, Gubernur Kalsel Paman Birin melalui Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar menyoroti pentingnya mempersiapkan segala sesuatu dengan matang untuk memastikan kelancaran dan kesuksesan perayaan tersebut.

“Meskipun waktu kegiatan masih terbilang panjang, kita harus mulai optimalisasi area perayaan dari sekarang. Setiap detail harus diperhatikan agar tidak ada kendala saat acara berlangsung,” ujar Roy.

Terkait dengan lokasi perayaan yang masih belum ditentukan, Sekdaprov Kalsel meminta agar seluruh persiapan sudah matang sebelum H-1.

“Lokasi yang belum final ini tidak boleh menjadi penghalang. Semua persiapan harus sudah siap sebelum H-1, sehingga kita dapat memastikan semua berjalan sesuai rencana,” tambah Roy.

Sementara itu, Ketua Harian Geopark Meratus yang juga menjabat Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana Hanifah memaparkan bahwa event Porwanas ini akan disinergikan dengan rencana Geopark Great Culture Carnival sebagaimana arahan Gubernur Paman Birin

“Geopark Meratus Great Culture Carnival akan menampilkan pertunjukan seni dan budaya yang mencakup tarian tradisional, musik lokal, teater, seni pertunjukan dan lainnya yang dimiliki oleh masyarakat lokal yang mencerminkan warisan budaya dan keindahan Kalsel”

Selain itu bertujuan mengenalkan dan menggaungkan kain sasirangan secara lebih luas di level nasional dan internasional dengan puncaknya melalui pemecahan 2 REKOR MURI sekaligus untuk pembentangan kain sasirangan terpanjang dan dengan motif terbanyak di Indonesia ataupun dunia.

“Diperkirakan sepanjang 5.775 M yang akan digelar di komplek perkantoran kantor Gubernur Kalsel, Selain itu juga dilakukan parade carnaval dengan Adi Busana Sasirangan. Untuk melengkapi event ini juga akan dihadirkan wisata kuliner, gelar kerajinan UMKM, dan Edutalk untuk mengenalkan secara lebih dalam Geopark Meratus,” ucap Hanifah.

Hanifah menyebut, dari seluruh agenda event Geopark Meratus Great Culture Carnival diharapkan menjadi pelengkap kegiatan Porwanas, sehingga hal ini akan menjadi publikasi yang luas bagi Geopark Meratus sebagaimana keinginan dari Gubernur Kalsel Sahbirin Noor untuk memviralkan Geopark Meratus hingga mampu mendunia.

Kemudian, Komandan Lanud Sjamsudin Noor Kolonel Pnb Sri Raharjo juga sedang mengupayakan agar pada gelaran perayaan Hari Jadi Provinsi Kalsel dapat menghadirkan Jupiter Aerobatic Team TNI AU.

“Perayaan 17 Agustus tahun ini akan dipusatkan di Ibu Kota Negara (IKN) Kaltim, setelah perayaan 17 Agustus, kami akan meminta Jupiter Aerobatic Team TNI AU  untuk tinggal selama sehari sebelum nanti kembali ke homebase di Lanud Adisucipto,” ujar Kolonel Sri Raharjo.

Kehadiran Jupiter Aerobatic Team TNI AU pada Hari Jadi Provinsi Kalsel diharapkan menjadi tontonan menarik bagi masyarakat Banjarmasin, Banjarbaru, dan sekitarnya. Tim aerobatik ini terkenal dengan manuver akrobatiknya yang memukau dan jarang tampil kecuali pada acara-acara tertentu.

“Mudah-mudahan bisa dikolaborasi sehingga Jupiter Aerobatic Team TNI AU bisa tampil di sini, mengingat kita memiliki waktu perencanaan yang terbilang panjang,” tambah Kolonel Sri.

Kemudian, Wakil Komandan Satuan Brimob Polda Kalsel, AKBP Alfred Ramses Sianipar mewakili Kapolda Kalsel, menyatakan kesiapannya untuk membantu dan mendukung kelancaran pelaksanaan Hari Jadi ke-74 Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Kami siap membantu dan mendukung agar pelaksanaan Hari Jadi Provinsi Kalsel ke-74 dapat berjalan aman, baik, dan tertib,” tegas AKBP Sianipar.

Usai paparan demi paparan dari sejumlah pihak terkait dan beberapa SKPD Kalsel, Sekdaprov. Kalsel, Roy Rizali Anwar, menekankan bahwa rapat lanjutan akan diselenggarakan seminggu setelah ini.

Dalam rapat lanjutan tersebut diharapakan berbagai kesiapan akan dibahas lebih mendalam, dengan harapan segala aspek tinggal menyesuaikan waktunya.

Dengan persiapan yang matang dan kerja sama yang baik dari semua pihak, diharapkan perayaan Hari Jadi ke-74 Provinsi Kalimantan Selatan dapat berlangsung dengan meriah, aman, dan sukses.

Rapat tersebut dihadiri oleh Forkopimda Kalsel, Tenaga Ahli Gubernur, perwakilan PWI Kalsel, Kepala SKPD lingkup Kalsel serta tamu undangan lainnya. (rfq/adpim)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini