Paman Birin Dan Acil Odah Resmikan Germas Cinta Banua

0
61

Jejakbanua.com, Banjarbaru—Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor atau Paman Birin bersama istri Hj. Raudatul Jannah atau Acil Odah meresmikan Gerakan Remaja Sehat, Ceria, Inovatif, Tangguh dan Aktif Bangun Negeri Bersama (Germas Cinta Banua) Tahun 2024 di SMAN 2 Banjarbaru pada Senin (25/5) pagi.

Kedatangan di sekolah, Paman Birin dan Acil Odah disambut antusias dan meriah oleh pelajar, guru SMAN 2 Banjarbaru.

Kedatangan Paman Birin dan Acil Odah pun juga disambut kesenian Hadrah khas Banjar dengan diiringi lantunan sholawat. Kemudian, ketiga perempuan menampilkan tarian Radap Rahayu sebagai Opening Ceremony Germas Cinta Banua. Pengalungan bunga pun dilakukan oleh salah satu penari ke Paman Birin dan Acil Odah. 

Paman Birin dan Acil Odah langsung meninjau lokasi pemeriksaan kesehatan di ruang sekolah. Sebanyak 5 bilik, gubernur bersama Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan itu nampak berinteraksi dengan petugas dan pelajar.

Sejak pagi itu, terdaftar sebanyak 144 orang melakukan Medical Check Up (MCU). 

“Pelajar SMAN 2 Banjarbaru yang bunda cintai. Acara ini agar mewujudkan generasi emas tahun 2045 akan mendatang, kita sejak sekarang mulai menyiapkannya. Germas Cinta Banua ini memang teruntuk anak-anak atau para siswa sekolah,” ucap Acil Odah, tersenyum.


Acil Odah bersyukur bahwa pagi ini kita dapat berkumpul dalam menggerakan hidup yang lebih sehat, tangguh dan inovatif agar membangun negeri. 

Kepada gubernur, dirinya melaporkan bahwa 22 persen pertumbuhan anak meningkat dari jumlah penduduk Kalimantan Selatan, sehingga pihaknya mengusung program kesehatan untuk menyasar pelajar di sekolah. 

“Sebab itu, Dinkes Kalimantan Selatan bersama Forum Gerakan Masyarakat Sehat (FGMS) dengan jajaran stakeholder terkait. Mendorong program kesehatan ini sebagai bentuk preventif (pencegahan) secara dini,” ungkap Ketua TP PKK Kalsel itu. 

Acil Odah juga mendorong agar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalimantan Selatan dapat mengimplementasikan program Germas Cinta Banua ini ke sekolah-sekolah di Kalsel Babussalam. Sehingga, dirinya berharap agar menciptakan remaja yang berjiwa sehat dan aktif untuk masyarakat sekitar. 

“Lewat pemberdayaan di sekolah, maka pelajar akan siap menghadapi tantangan di masyarakat. Tujuannya juga mengintervensi ke wilayah masyarakat agar hidup bersih dan sehat, tentunya lewat sekolah ini dulu membina pelajar. Supaya terbangun komitmen bersama untuk hidup yang lebih baik lagi di Banua,” terang Acil Odah. 


Sebab itulah, metode yang dilakukan oleh Dinkes Kalsel untuk memfasilitasi dan menyediakan layanan kesehatan dalam mengetahui kondisi fisik dan mentalnya, baik itu pemberian obat penambah darah, vitamin penambah gizi dan pemeriksaan penyakit cepat menular. Acil Odah mengatakan, Germas Cinta Banua ini nantinya juga akan diisi banyak narasumber yang ahli dibidangnya tersebut. 

Seusai sambutan, Acil Odah langsung didampingi Paman Birin bersama jajaran SKPD lingkup Pemprov Kalimantan Selatan melakukan sebuah penandatanganan komitmen bersama dalam mendukung implementasi Germas Cinta Banua mewujudkan Kalsel Maju. 

Dilanjutkan dengan sambutan Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor atau Paman Birin mengawali dengan ucapan salam yang diikuti oleh pelajar SMAN 2 Banjarbaru dengan suara yang kencang. 

“Semangatnya luar biasa, terus bergerak. Itulah yang disenangi oleh paman agar melakukan aktivitas tubuh dan menciptakan kesenangan tiap harinya, sehingga hidup jadi sehat. Utamakan juga menjaga lingkungan sekitar kita,” ucap Paman Birin, memberi pesan ke siswa SMAN 2 Banjarbaru. 

“Sebagai manusia yang hidup sehat maka akan terhindarnya penyakit yang menular. Barangkali membuat kita akan senang dan bahagia,” ungkap gubernur dua periode itu. 

Paman Birin pun memberikan nasihat kepada siswa agar melakukan senyum, sebagaimana tanda ibadah yang dianggap itu sodaqoh. Menurutnya, sodaqoh tidak melulu tentang uang saja. 

Paman Birin berpesan agar terus melakukan aktivitas hidup yang sehat dan memberikan terbaik untuk masyarakat. 

“Semoga, hari ini berkah untuk kita semua. Demikianlah yang dapat saya sampaikan, acara Germas Cinta Banua resmi dibuka,” ucapnya. 


Sementara itu, Kepala SMAN 2 Kota Banjarbaru, Saryono menyampaikan bahwa pihaknya sangat merasa bangga dan bahagia kedatangan Gubernur Kalimantan Selatan atau Paman Birin bersama Acil Odah selaku Kadinkes Kalsel yang menyelenggarakan acara ini di sekolah tercintanya. 

“Alhamdulillah, Paman Birin  hadir kembali ke SMAN 2 Banjarbaru. Dan kepada Acil Odah, kami juga ucapkan sebesar-besarnya atas ditunjuknya sekolah kami sebagai sasaran implementasi Germas Cinta Banua,” ungkap Saryono.

Saryono juga mengucapkan tanda terima kasih atas pemberian Doorprize sebuah sepeda motor untuk pelajar yang terpilih dalam undiannya. Hal itu, baginya akan memberi semangat kepada anak-anak SMAN 2 Banjarbaru untuk semakin giat lagi belajar. 

“Saya do’akan untuk Acil Odah selaku Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel agar nantinya sukses dan dicintai penuh oleh masyarakat di Banua. Atas nama sekolah, kami ucapkan kembali terima kasih,” tutupnya. (mr/adpim)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini