KANDANGAN – Dalam rangkaian Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2019, Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, dan Sekjen Penanganan Fakir Miskin, Nurul Farijati, menyerahkan bantuan dari Kemensos RI.

Dari kegiatan itu, tamu undangan dan masyarakat terlihat tertegun dengan aksi kemanuisiaan Gubernur Kalsel itu.

Paman Birin, — sapaan akrab Gubernur Kalsel–, dengan penuh kasih sayang membopong seorang lansia ke kursi roda.

Bersama Sekjen Penanganan Fakir Miskin, Nurul Farijati, Paman Birin juga turut membantu memasangkan kaki palsu kepada seorang warga yang memiliki keterbatasan fisik.

Masyarakat dan tamu undangan yang menyaksikan pun tampak terharu dan tertegun.

Aksi peduli dan penyerahan bantuan yang dilakukan secara simbolis tersebut terlaksana seiring dengan program Lintas Batas Kesetiakawanan Sosial Nasional dan Bulan Bhakti Kesetiakawanan Sosial Nasional di Lapangan Lambung Mangkurat, Kandangan, Senin (16/12).

Didampingi Bupati HSS, Achmad Fikry, bantuan yang diserahkan berupa sembako bagi lansia sebanyak 500 paket, alat bantu dengar bagi lansia 4 paket, alat bantu tongkat dan kursi roda sebanyak 343 paket.

Kemudian alat bantu disabilitas kursi roda dan kaki palsu sebanyak 18 paket, perlengkapan sekolah 450 paket, sembako bagi penerima PKH 100 paket, serta bantuan penanggulangan bencana berupa stok logistik sebesar Rp 77.483.095,00, dan program rumah tidak layak huni sebanyak 6 buah.

Sementara dari Paman Birin, bantuan berupa paket sembako 356 paket, masing-masing untuk fakir miskin perkotaan 176 paket, fakir miskin pedesaan 180 paket, dan bantuan perumahan tidak layak huni sebanyak 6 buah.

Bupati HSS, Achmad Fikry, sangat mengapresiasi atas bantuan yang diberikan, serta dijadikannya Kabupaten Hulu Sungai Selatan sebagai salah satu titik kegiatan LBKS

“Terimakasih Paman Birin atas bantuan yang telah diberikan untuk masyarakat dan dijadikannya Kabupaten HSS sebagai salah satu titik LBKS,” katanya.

Sementara menurut Paman Birin, kegiatan LBKS merupakan upaya pemerintah untuk mensosialisasikan dan menumbuhkan kesadaran setia kawan di seluruh lapisan masyarakat Kalsel.

“Selama perjalanan dari Kabupaten Tabalong, Balangan, hingga Kandangan, kita merasakan kehangatan persahabatan, kebersamaan, dan persaudaraan,” ucap gubernur.

Selama mengikuti LBKS ini, Paman Birin menyempatkan waktu untuk singgah di beberapa desa di Kabupaten Hulu Sungai Selatan untuk membagikan sembako.
Seperti di Desa Batang Kulur Kanan Kecamatan Sungai Raya, Desa Sirih/Taro Kecamatan Kalumpang, dan Desa Karang Paci Kecamatan Kalumpang. (cin/rny)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here