BANJARMASIN – Selain meningkatkan budaya gotong royong, gelaran Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2019 juga memiliki dampak positif bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Banua.

Hal itu disampaikan Ketua PKK Kalsel, Hj Raudtaul Jannah Sahbirin Noor, pada jumpa pers yang diselenggarakan Biro Humpro Kalsel di Gedung PWI Kalsel, Banjarmasin, Selasa (17/12).

Menurutnya, ada banyak UMKM yang kini kebanjiran pesanan. Dirinya pun jauh-jauh hari mengingatkan kepada pelaku UMKM untuk menyiapkan stok agar dapat memenuhi permintaan tamu yang datang berkunjung.

UMKM itu antara lain usaha barang dan jasa, cendera mata, dan produk makanan khas lokal. Selain itu HKSN juga terbukti mampu merekatkan nilai-nilai persaudaraan sosial.

Di sisi lain, Ketua TP PKK Kalsel, Hj Raudatul Jannah mengatakan, momen peringatan HKS ini diharapkan dapat menumbuhkan kembali nilai-nilai kesetiakawanan sosial, sehingga dapat membangun nilai kesetiakawanan sosial yang lebih erat lagi, khususnya di kalangan anak muda.

“HKSN adalah untuk menanamkan nilai-nilai kesetiakawanan sosial yang ada di tengah-tengah masyarakat, khususnya dalam menjawab dinamika kehidupan sekarang,” terangnya.

Keterlibatan generasi muda dapat melalui organisasi kepemudaan, seperti karang taruna, bisa juga dalam 10 Program Pokok PKK, yakni gotong royong,” kata istri Gubernur Kalsel ini.

Ketua TP PKK Kalsel juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh insan pers atas partisipasinya mensosialisasikan kegiatan-kegiatan PKK terutama persiapan HKSN. (syh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here