BANJARMASIN – Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kalimantan Selatan terus menggelorakan semangat nasionalisme atau cinta tanah air.

Semangat patriotisme ini dalam rangka mewariskan Jiwa Semangat Nasional (JSN) 45 dan Kesejahteraan dalam Peringatan Hari Veteran ke-63.

Hal tersebut tertuang dalam upacara peringatan HUT LVRI di Aula Kantor DPD LVRI Provinsi Kalimantan Selatan, Jalan Brigjen H Hasan Basry di Banjarmasin, Kamis (2/1) pagi.

Gubernur Kalimantan Selatan, H Sabirin Noor, dalam sambutan tertulis dibacakan Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Prov Kalsel, Siswansyah, mengatakan, di usia LVRI ke-63, organisasi ini sudah memberikan andil besar dalam rangka memotivasi para generasi muda.

“Sehingga semangat dan motivasi para veteran kepada kita yang lebih muda, dapat meneruskan perjuangan-perjuangan yang akan datang,” urainya.

“Secara fasilitas, pemprov terus melakukan peningkatan seperti gedung. Sehingga keberadaan organisasi LVRI dapat lebih baik lagi kedepannya,” kata Siswansyah.

Sementara itu, Plt Ketua Umum DPD LVRI Kalimantan Selatan, Higius Suridi, mengatakan, di usia ke-63 LVRI, veteran tetap mempertahankan JSN 45 agar dapat menjadi contoh generasi muda nantinya sehingga tetap solid.

Bisa dipercaya dan dapat meneruskan pembangunan.

“Walau usia sudah tua, kami tetap melaksanakan apa yang digariskan pusat dan apa yang ada didalam Undang-Undang No 15 tahun 2012,” kata Suridi.

Terkait kesejahteraan, Suridi mengatakan selama ini para veteran mendapatkan tunjangan veteran dan tunjangan kehormatan yang diterima setiap bulannya.

“Semoga di HUT ke-63 ini, pemerintah dapat lebih memperhatikan untuk meningkatkan kesejahteraan para legiun veteran yang tersebar di Kalimantan Selatan,” ucapnya.

Hadir dalam peringatan HUT LVRI, Komandan Korem 101/Antasari Kolonel Inf M. Syech Ismed, S.E., M.

Danrem Mengatakan, para generasi muda dapat mengambil semangat juang, pengabdian, dan kecintaan kepada tanah air yang dimiliki oleh para veteran.

“Diharapkan, generasi muda mempunyai semangat itu, untuk meneruskan dan melanjutkan pembangunan bangsa dan negara ini,” ucapnya.

Ia menambahkan, agar semua dapat lebih memperhatikan kesejahteraan para veteran, karena menurutnya veteran ini adalah pejuang-pejuang yang merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Kedepan, perhatian terhadap veteran ini lebih ditingkatkan dan diperhatikan lagi. Semoga kedepan perhatian pemerintah terhadap veteran meningkat,” ujar Komandan Korem yang juga pembina DPD LVRI Kalsel ini.

Saat ini, LVRI Kalsel beranggotakan 1.200 orang yang tersebar di 13 kabupaten/kota. (end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here