TANAH LAUT – Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, mengaku terkesima melihat 4000 lebih jemaah Haul pertama Alm. Habib Umar bin Husien Al-Idrus di Desa Lianganggang, Kecamatan Bati-Bati, Kabupaten Tanah Laut, Sabtu (25/1).

Bahkan, haulan perdana ini juga dihadiri ribuan jemaah dari berbagai wilayah di Kalsel.

Kekaguman ini diungkapkan Paman Birin (sapaan akrab Gubernur Kalsel), saat menghadiri langsung haulan.

“Saya sangat terkesima dan senang dengan adanya kegiatan perdana haul Habib Umar bin Husien Al-Idrus yang dihadiri lebih dari 4000 jemaah dari berbagai wilayah di Kalimantan Selatan,” ungkapnya.

Tak hanya itu, lanjut Paman Birin, kegiatan yang berlangsung di Desa Lianganggang, Kecamatan Bati-Bati, Kabupaten Tanah Laut ini bukan hanya bisa membuat kagum para jemaah haul yang berhadir di lokasi tersebut, tetapi juga sekaligus menjadi wisata religius yang dapat diambil hikmahnya di balik agenda besar tersebut.

Maka, dalam hal ini pun, ia juga sempat mengingatkan agar setiap makhluk-Nya bisa terus mengabdi kepada Tuhan Yang Maha Esa, selain mengangumi para aulia-Nya.

“Tujuan kita ya mengabdi untuk Iillahirobbi, yakni surga tujuan abadi untuk semuanya,” tutur Paman Birin.

Terkait hal yang sama, kegiatan inipun direspon baik dan penuh perhatian oleh Bupati Tanah Laut, Sukamta. Ia menyampaikan dengan adanya haulan perdana yang digelar di Desa Lianganggang, Kecamatan Bati-Bati, di makam Habib Umar bin Husien Al-Idrus dapat memperkuat nilai-nilai religius dan keimanan sebagai pengagum para aulia Allah SWT.

“Yang pasti kegiatan ini dapat membangkitkan rasa cinta kita kepada aulia Allah SWT. Beliau juga sudah mengajarkan tentang kebaikan dan semoga keberkahan selalu datang untuk kita semuanya,” ucap Sukamta.

Meski demikian, Sukamta menyebutkan, dalam kegiatan yang berlangsung ramai dan khusyuk dengan dikunjungi 4000 lebih jemaah pada haulan perdana ini, dirinya sangat mengapresiasi, bahkan dirinya memastikan akan siap berkontribusi apabila tahun depan akan digelar kembali. (bdm/syh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here