Liang Wayang, Gua Eksotis di Hampang

0
273

TANAH BUMBU – Salah satu lokasi yang layak dijadikan destinasi wisata menawan  yang ada di kawasan RPH Sungai Kupang adalah Gua Liang Wayang. Gua ini ada di  Dusun Napu Desa Cantung Kiri Hulu Kecamatan Hampang, Kabupaten Kotabaru.  Lokasinya terletak pada kawasan hutan produksi.

Kepala RPH Sungai Kupang, M Rifai menjelaskan kawasan ini termasuk eksotis.  Keunikan Gua Liang Wayang ini juga menjadi salah satu lokasi keramat bagi penduduk suku Dayak setempat.

Di dalam gua tersebut terdapat aliran sungai bawah tanah. Memanjang, dari mulut hingga ekor gua. Sehingga berbeda dengan kebanyakan gua yang ada di Kalsel. Punya ciri khas dan keunikan. “Eksotisnya gua ini tak diragukan. Indah dan menawan. Aliran air saat diterpa cahaya berkilauan,” kata Rifai.

Pada bagian tengah, terdapat satu ruangan yang cukup besar. Di atasnya terdapat sebuah lubang yang menjadi pusat dari seluruh Liang Wayang. Dari lubang tersebut, sinar matahari menerobos masuk. Sehingga memunculkan pantulan dan bias cayaha yang memukau.

Untuk menuju ke gua ini, sangatlah mudah. Jarak dari pusat Kecamatan Hampang hanya sekitar 20 kilometer. Sedangkan dari Desa Cantung Kiri 10 kilometer. Di peta, letak geografis pada koordinat 0357886 – 9665459.

“Jika memasuki Kecamatan Hampang, akan banyak Anda temui deretan pemandangan batu kars. Pemandangannya apik dan sayang untuk dilewatkan,” lanjut dia.

Menuju Gua Liang Wayang, kini  dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi. Mobil, apalagi motor. Kondisi jalannya pun beraspal, sehingga mudah untuk dilintasi sambil menikmati pemandangan alam di sepanjang perjalanan.

Namun untuk ke titik lokasi gua, harus ditempuh dengan berjalan kaki.  Melalui jalan trekking dengan waktu tempuh satu jam. (omliem/kphcantung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here