BANJARBARU – Di era pembangunan yang sedang digalakkan pemerintah saat ini, kehadiran ahli perencanaan pembangunan sangat diperlukan.

Langkah penting dilakukan adalah peningkatan jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) ahli perencana pembangunan, termasuk di daerah.

Demikian pesan penting Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, dalam sambutan tertulis dibacakan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdaprov Kalsel, H Sugian Noorbah, pada Diklat Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD) Angkatan III, Senin (9/3/2020).

Diklat PPD diikuti 120 pejabat pengawas di Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Kalsel, Banjabaru. Paman Birin sapaan akrab Gubernur Kalsel, berharap peserta dapat memanfaatkan kegiatan tersebut.

Ini mengingat kegiatan Diklat bernilai penting untuk meningkatkan kompetensi atau keahlian ASN di bidang perencanaan pembangunan daerah.

Di samping untuk meningkatkan jumlah ahli perencana pembangunan daerah di masa depan.

Diklat diselenggarakan selama 5 hari, mulai tanggal 9 hingga 12 Maret 2020, Paman Birin menuliskan, saat ini Kementerian Dalam Negeri telah menerbitkan Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 90 Tahun 2019.

Peraturan mengatur tentang Klarisifikasi, Kodefikasi, dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah.

“Perencanaan pembangunan harus terukur dan bermanfaat untuk kepentingan rakyat,” tulisnya.

Diklat Perencanaan Pembangunan Daerah ini diharapkan mampu mencetak aparatur-aparatur yang bekerja secara profesional.

“Saya berharap, Diklat Perencanaan Pembangunan Daerah ini ke depan akan melahirkan aparatur-aparatur yang bekerja secara profesional,” harapnya.

“Untuk itu sekali lagi saya mengharapkan kepada peserta diklat agar bersungguh-sungguh mengikuti diklat ini, sehingga hasil diklat bisa diimplementasikan pada instansi masing-masing,” paparnya.

Sementara itu Ketua Pelaksana Diklat PPD Angkatan II Bagi PNS di lingkungan Pemprov Kalsel, Anita Pebrianto menjelaskan, tujuan diselenggarakan diklat ini untuk meningkatkan kompetensi aparatur di bidang perencanaan pembangunan daerah.

Diklat juga bertujuan sebagai kaderisasi ahli-ahli perencana pembangunan daerah di lingkungan Pemprov Kalsel.

Hadir pada acara ini Kepala BPSDM, Nisfuani, Koordinator Ikatan Widyaiswara dan pejabat terkait. (bdm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here